8 Skill Wajib Data Analyst, Cek Di sini!

Melengkapi Syarat Pendirian PMA adalah Hal Mutlak Bagi Investor, Skill Wajib yang Harus Dimiliki Data Analyst

Sebuah perusahaan dikatakan maju ketika perusahaan yang bersangkutan mampu menjawab kebutuhan masyarakat lewat produk yang dihasilkan. Semua itu tentu saja tak lepas dari analisa pasar yang dilakukan oleh seorang data analyst.

Data analyst adalah profesi yang nampak begitu menjanjikan karena dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Peranannya begitu penting dalam menganalisa data perusahaan, sehingga perkembangan perusahaan pun dapat dipantau dengan baik.

Banyak orang yang menginginkan posisi data analyst dalam sebuah perusahaan. Namun tidak banyak orang yang mengetahui dengan benar apa sebenarnya data analyst itu.

Jadi data analyst adalah profesi yang pekerjaannya berhubungan dengan data perusahaan. Tugasnya mengolah dan menganalisa data perusahaan sehingga dapat digunakan untuk tujuan perkembangan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan jadi lebih untung dan kredibilitasnya meningkat.

Seorang data analyst digaji dengan bayaran tinggi. Menurut website Kelly Service tahun 2018, gaji rata-rata seorang data analyst mencapai 11 juta per bulan. Bahkan ada yang mencapai 18 juta per bulan, tergantung pengalaman, tingkat posisi dan juga tanggung jawab yang harus diemban.

Dalam artian seorang data analyst harus memiliki jam terbang yang tinggi untuk bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi pula.

Skill Wajib yang Harus Dimiliki Data Analyst

Skill Wajib yang Harus Dimiliki Data Analyst

Tak bisa dipungkiri jika posisi data analyst banyak diinginkan saat ini. Belum lagi posisi data analyst memang banyak dibutuhkan perusahaan, sehingga profesi ini bisa menjadi karir yang menjanjikan di masa depan.

Namun perlu diingat bahwa untuk menjadi seorang data analyst yang handal, dibutuhkan skill atau kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Beberapa skill atau kemampuan yang wajib dimiliki data analyst yaitu :

1. Kemampuan Menganalisa Data

Kemampuan menganalisa data adalah kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh seorang data analyst. Data perusahaan bisa berupa analisis pasar, kisaran harga produk yang ada di pasaran, trend yang sedang berlangsung di masyarakat dan lain-lain.

Untuk itulah diperlukan riset yang berkali-kali untuk bisa mengolah data mentah menjadi data yang mampu mewakili keadaan yang ada. Dari data tersebut, perusahaan dapat mengambil keputusan mengenai sikap selanjutnya untuk bisnisnya di masa depan.

2. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik juga termasuk skill wajib yang harus dimiliki data analyst. Data analyst harus bisa mempresentasikan data yang dianalisanya ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami orang lain.

Hindari menggunakan bahasa teknis yang rumit untuk menyampaikan informasi. Gantilah dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami orang lain, sehingga data dapat terjemahkan dengan baik.

3. Kemampuan Membaca Arah Bisnis

Dari data yang sudah dianalisa, seorang analyst data dapat membaca arah bisnis ke depan. Apakah trend yang ada di masyarakat akan membawa keuntungan pada perusahaan atau harga yang diberikan terlalu tinggi di pasaran, sehingga membuat pelanggan kabur.

Arah bisnis seperti harus bisa diprediksi dan dibaca dengan teliti oleh data analyst, sehingga kemajuan perusahaan dapat diarahkan dengan baik.

4. Kemampuan Bekerja sama dengan Tim Manajemen Untuk Kemajuan Bisnis

Seorang data analyst harus bisa bekerja sama dengan tim manajemen untuk kebutuhan perusahaan. kolaborasi yang baik tentu akan membawa keuntungan bagi perusahaan, sehingga project yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik pula.

5. Kemampuan Penggunaan Bahasa Pemrograman SQL

Bahasa pemrograman ada banyak ragamnya. Sebut saja MySQL, SQL Server, PostGre dan masih banyak lagi. Semua bahasa pemrograman tersebut dapat menerjemahkan data perusahaan dengan baik, sehingga mudah dibaca dan dipahami oleh data analyst.

Itulah kenapa data analyst wajib menguasai bahasa pemrograman agar data perusahaan dapat dipahami dengan baik.

6. Memahami Konsep Matematika dan Statistika

Data perusahaan biasanya tak jauh-jauh dari angka dan hasil survey. Itulah kenapa kemampuan memahami konsep matematika dan statistika sangat diperlukan. Matematika untuk menghitung angka dan statistika untuk menghitung kemungkinan peluang pangsa pasar dan keberhasilan perusahaan di masa depan. Kedua kemampuan ini wajib dimiliki seorang data analyst.

7. Kemampuan Memvisualisasikan Data

Selain menganalisa data, seorang data anlyst harus bisa mengubah data ke dalam bentuk grafik, bagan atau visualisasi lainnya. Hal ini tentu saja memudahkan pembacaaan data, sehingga data mentah mudah dipahami.

8. Kemampuan Menggunakan Machine Learning

Machine learning adalah metode bahasa pemrograman yang menggunakan konsep pengembangan perangkat lunak. Machine learning yang digunakan biasanya adalah Python, R, JavaScript dan bahasa pemrograman lainnya yang menerapkan paradigm Object Oriented Programming (OOP)

Seorang data analyst wajib menguasai metode machine learning agar dapat menganalisa data dengan lebih akurat.

BRITECH Kenalkan Analyst Data yang Andal

BRITECH adalah pusat inovasi teknologi yang dimiliki oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), dimana di dalamnya terdapat lebih dari 100 engineer yang bersertifikat internasional.

Sebagai bank swasta di Indonesia, BRI memiliki banyak data analyst yang handal di bidangnya. Tugasnya berkolaborasi dengan data governance, data engineer dan data scientist untuk menganalisa pasar, sehingga perusahaan dapat terus menelurkan inovasi baru tiap tahunnya.

Dari informais yang diperoleh di BRITECH, diketahui bahwa data analyst di BRI mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan BRI, seperti membantu mengelola risiko, meningkatkan pelayanan kepada nasabahnya, sampai mengoptimalkan profit perusahaan agar mendapatkan keuntungan.

Ingin tahu lebih banyak soal data analyst, langsung saja ke BRITECH untuk belajar lebih banyak lagi. Data analyst BRI dapat menjadi contoh yang baik untuk menjadi data analyst yang handal di bidangnya.

You May Also Like

About the Author: admin