Cek! Fakta Menarik dari Asuransi Mobil

Cek! Fakta Menarik dari Asuransi Mobil, Kredit Mobil Syariah : Pengertian, Cara, Syarat dan Keuntungan

Mobil adalah jenis kendaraan yang digunakan oleh banyak orang. Karena fungsinya yang sangat penting, menggunakan asuransi mobil bisa menjadi pertimbangan untuk meminimalisir kerugian. Anda bisa memilih sendiri kapan butuh asuransi TLO dan juga All Risk.

Dengan menggunakan asuransi mobil, maka Anda pun dapat memberikan perlindungan kepada kendaraan Anda supaya lebih aman. Berbagai kerusakan baik itu berat ataupun ringan pada mobil bisa diperbaiki kembali menggunakan asuransi.

Pengertian Asuransi Mobil

Diketahui, asuransi mobil merupakan jenis asuransi yang mana perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi kepada nasabah jika mobilnya mengalami kerusakan. Adapun dana yang diberikan tersebut berasal dari premi yang dibayarkan nasabah kepada perusahaan asuransi.

Ada beberapa kondisi dimana nasabah asuransi mobil berhak mengklaim dana asuransi. Kondisi tersebut yaitu kerusakan ringan dan parah atau hilang yang disebabkan oleh kecelakaan, bencana alam dan juga kerusuhan.

Anda bisa mengklaim dana asuransi apabila mobil mengalami kerusakan atau hilang dengan jangka waktu satu tahun. Untuk itu, Anda perlu memilih asuransi mobil terbaik dengan cara cek premi asuransi mobil, biaya klaim asuransi mobil yang ringan dan legalitasnya.

Fakta Menarik dari Asuransi Mobil

Fakta-Fakta Asuransi Mobil

Setelah mengetahui pengertian dari asuransi mobil, alangkah baiknya jika Anda mengecek fakta-faktanya terlebih dahulu. Dengan mengetahui fakta yang menarik, Anda pun akan lebih memahami tentang asuransi mobil dan cara untuk memilih asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan.

1. Terdapat Dua Jenis Asuransi Mobil

Ada dua jenis asuransi mobil yang harus Anda ketahui yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Kemudian, asuransi mobil All Risk apa saja yang ditanggung? Diketahui All Risk artinya perusahaan asuransi akan membayar klaim berupa semua jenis kerusakan.

Contohnya saja kerusakan ringan seperti tergores hingga kerusakan berat seperti kecelakaan. Tak hanya itu, All Risk juga menanggung biaya saat Anda kehilangan mobil yang sudah diasuransikan.

Adapun penyebab kerusakan yang akan ditanggung oleh asuransi mobil jenis All Risk yaitu banjir, kerusuhan dan hilang. Untuk asuransi jenis TLO artinya perusahaan akan membayar klaim apabila kendaraan yang rusak sudah mencapai 75% dan tidak bisa dipakai kembali.

2. Kapan Butuh Asuransi TLO dan All Risk

Anda dapat memilih asuransi mobil All Risk apabila ingin melindungi kendaraan dari semua kerusakan yang terjadi, mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan parah.

Namun, jika Anda hanya memerlukan ganti rugi apabila mobil sudah rusak maka bisa memilih jenis TLO karena preminya lebih murah.

Diketahui, asuransi All Risk memiliki premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan TLO. Hal ini disebabkan karena All Risk memiliki cakupan perlindungan yang lebih luas.

3. Tarif Premi Berbeda Tiap Daerah

Perlu Anda ketahui bahwa tarif premi yang harus disetorkan oleh nasabah berbeda-beda di setiap daerah. Hal ini tergantung dari domisili pemilik kendaraan yang dibuktikan dengan plat nomor pada mobilnya.

Tentunya, tarif asuransi mobil di daerah Surabaya berbeda dengan di Jakarta. Selain domisili nya, besaran premi asuransi juga ditentukan oleh jenis mobil, dan fungsinya. Mobil pribadi dan mobil komersial memiliki tarif yang tidak sama.

4. Perusahaan Asuransi Bekerjasama Dengan Dealer dan Leasing

Fakta selanjutnya adalah perusahaan asuransi biasanya akan bekerjasama dengan beberapa dealer dan juga leasing di berbagai wilayah. Kerjasama tersebut dimaksudkan supaya pasar asuransi mobil semakin luas dan lokasi bengkel terdekat semakin banyak.

Sebagian orang yang membeli kendaraan biasanya akan membayarnya secara kredit. Tentunya, diperlukan perlindungan tertentu pada kendaraan supaya tetap bagus dan terjaga. Salah satu cara yang ditawarkan untuk melindungi kendaraan yaitu dengan memiliki asuransi mobil.

5. Pemilik Kendaraan Lebih Tenang Dengan Asuransi Mobil

Jika Anda memiliki asuransi mobil maka Anda pun tidak perlu khawatir dengan adanya kerusakan pada kendaraan.

Mobil milik Anda akan mendapatkan perlindungan dari dana asuransi yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda bisa mengajukan klaim asuransi kapan saja saat membutuhkannya.

6. Mobil Asuransi Termahal

Saat ini, mobil yang memiliki asuransi termahal jatuh pada Porsche Panamera S Executive. Diketahui, jumlah rata-rata premi Porsche ini adalah sekitar Rp45,88 jutaan. Penyebab mahalnya premi asuransi mobil ini yaitu harganya yang juga mahal sekitar Rp2,14 miliar.

Porsche ini termasuk ke dalam jenis mobil mewah yang memiliki mesin V8 yang tangguh. Adapun kapasitasnya mencapai 4,8 liter turbocharger.

Sedangkan tenaga yang bisa dikeluarkan dari mesin ini mencapai 570 horsepower (Hp). Karena itulah, asuransi yang dibutuhkan pun cukup mahal.

Demikianlah penjelasan mengenai asuransi mobil dan juga fakta menarik dibalik asuransi mobil. Dengan mengetahui penjelasan tersebut, Anda bisa memilih kapan butuh asuransi TLO dan kapan memerlukan asuransi All Risk untuk kendaraan Anda.

Untuk memilih produk asuransi mobil terbaik, Anda bisa melihatnya melalui platform Lifepal. Di platform ini, Anda dapat membandingkan sendiri berbagai jenis produk asuransi mobil dari banyak perusahaan asuransi ternama dan terpercaya.

Contohnya saja Asuransi Mobil ACA, Adira Autocillin, Pan Pacific Asuransi Mobil dan masih banyak lagi. Anda juga bisa melakukan pengajuan asuransi dan klaim secara online dengan pilihan harga asuransi yang cukup lengkap.

Selain itu, Lifepal juga telah bekerjasama dengan lebih dari 4.000 bengkel serta 250 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota.Misalnya saja asuransi mobil di daerah Surabaya, Bandung, Bali dan lainnya.

Dengan banyaknya kerjasama tersebut, nasabah akan mendapatkan layanan yang lebih baik dan mudah dijangkau.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.