6 Istilah Kesehatan Populer dan Penjelasannya

Banyaknya istilah medis yang digunakan ketika berdiskusi dengan dokter tentu tidak semua dimengerti oleh orang awam. Sehingga perlu mengetahui penjelasan lebih rinci terkait istilah-istilah kesehatan populer yang sering dipakai dalam dunia medis. Untuk menghindari salah …

Istilah Kesehatan Populer

Banyaknya istilah medis yang digunakan ketika berdiskusi dengan dokter tentu tidak semua dimengerti oleh orang awam. Sehingga perlu mengetahui penjelasan lebih rinci terkait istilah-istilah kesehatan populer yang sering dipakai dalam dunia medis.

Untuk menghindari salah pemaknaan, apalagi ketika berkonsultasi dengan pafikabpurworejo.org, Anda harus mengenal istilah kesehatan secara umum. Sebenarnya apa saja istilah kesehatan populer yang sering digunakan?

Istilah-Istilah Kesehatan Populer

Istilah Kesehatan Populer
Istilah Kesehatan Populer

Mengenal istilah dalam kesehatan pada dasarnya harus sedikit banyak diketahui oleh orang awam. Apalagi bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit, otomatis akan sering berbincang dengan dokter.

Sehingga Anda harus bisa memahami istilah kesehatan yang dikatakan oleh dokter. Meski Anda bisa bertanya ke dokter langsung jika tidak mengerti, namun tidak ada salahnya memahami berbagai istilah kesehatan populer berikut ini:

1. Akut

Istilah medis pertama dan paling sering diucapkan dalam dunia kesehatan adalah akut. Banyak orang yang seringkali tertukar antara istilah akut dan kronis, padahal sebenarnya memiliki makna yang jauh berbeda.

Akut adalah kondisi dimana seseorang mengalami penyakit secara tiba-tiba. Biasanya untuk istilah ini menggambarkan seseorang yang mengalami gangguan serius secara tiba-tiba  dan dalam waktu yang relatif singkat.

Kondisi seperti ini harus segera ditangani dengan cepat oleh dokter. Biasanya istilah ini sering digunakan untuk menyebutkan kondisi penyakit seperti diare akut, leukimia akut, atau glaukoma akut.

2. Kronis

Istilah kronis menjadi salah satu istilah dalam kamus diagnosa dokter yang seringkali diucapkan dalam dunia medis. Berbeda dengan istilah akut, kronis merujuk pada kondisi penyakit seseorang yang berlangsung terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi jika seseorang mengalami penyakit yang terjadi secara berulang, perlahan, sampai ke tahap yang serius, maka kondisi ini sudah masuk dalam istilah kronis. Biasanya istilah ini banyak dipakai untuk menunjukkan penyakit kronis seperti diabetes atau osteoporosis.

3. Diagnosis

Kamus bahasa medis lainnya yang juga selalu muncul dalam dunia kesehatan adalah diagnosis. Istilah diagnosis merujuk pada penentuan jenis penyakit yang diteliti oleh dokter sesuai dengan gejala-gejala yang muncul pada seseorang.

Biasanya istilah diagnosis akan muncul saat dokter melakukan pemeriksaan kesehatan pasien. Setelah mendiagnosis pasien, dokter biasanya juga akan melakukan prognosis.

4. Prognosis

Nah, masih berkaitan dengan diagnosis, prognosis merujuk pada istilah perkiraan tentang penyakit atau penyembuhan yang dilakukan setelah tahap pengobatan. Pada istilah ini akan menunjukkan terkait prediksi dokter tentang bagaimana kondisi pasien itu untuk kedepannya.

5. Skrining

Istilah kesehatan populer selanjutnya adalah skrining. Istilah skrining merupakan bentuk deteksi dini yang digunakan untuk bisa mengetahui apakah seseorang terjangkit penyakit atau tidak.

Skrining dilakukan bertujuan agar seseorang mendapatkan penanganan medis lebih lanjut jika ternyata seseorang terkena suatu penyakit. Biasanya skrining dilakukan untuk pemeriksaan tumor.

6. Alergen

Istilah alergen umumnya berkaitan dengan kondisi alergi yang dialami oleh seseorang. Pada istilah alergen ini biasanya terdapat antigen yang akan bertanggung jawab dalam memproduksi reaksi alergi.

Berbagai istilah kedokteran dan artinya di atas harus Anda pahami agar tidak menimbulkan kesalahan dalam menangkap arti dari apa yang dikatakan dokter. Dengan mengetahui istilah-istilah di atas, tentu juga akan memudahkan Anda dalam memahami istilah medis yang banyak ditemui di berbagai media.

Apalagi jika Anda ingin membeli obat atau meminta saran dari pafikabpurworejo.org, pastinya Anda akan mengerti jika anggota farmasi tersebut menggunakan istilah-istilah medis.