Kredit Mobil Syariah : Pengertian, Cara, Syarat dan Keuntungan

Kredit Mobil Syariah : Pengertian, Cara, Syarat dan Keuntungan

Ingin punya mobil tapi uang belum cukup untuk membeli secara cash, sementara kalau kredit takut riba. Kredit mobil syariah solusinya.

Kredit mobil syariah bisa diajukan di bank syariah dengan menggunakan prinsip murabahah. Kredit kendaraan syariah dilengkapi dengan asuransi kendaraan untuk menekan biaya besar ketika terjadi kecelakaan.

Apa Itu Kredit Mobil Syariah ?

Kredit mobil syariah adalah kredit kendaraan bermotor terutama mobil yang menggunakan prinsip murabahah dalam akad jual belinya, yaitu akad yang terjadi antara bank syariah dengan nasabah yang bersangkutan.

Di dalam akad murabahah, nasabah akan diberi penjelasan lengkap mengenai jenis dan jumlah barang yang akan ditransaksikan. Jadi barangnya ada dan jelas. Selain itu ada margin keuntungan yang dijelaskan di awal, sebagai pengganti bunga saat mengambil angsuran mobil syariah.

Simulasi kredit mobil syariah seperti ini. Bank membeli mobil seharga 300 juta rupiah. Kemudian bank memberikan mobil tersebut kepada nasabah dengan harga 310 juta rupiah. Di sini. Bank mengambil margin keuntungan sebesar 10 juta rupiah. Nantinya nasabah membayar cicilan dari 310 juta tersebut dengan jumlah cicilan tanpa bunga bank.

Kredit mobil syariah di bank syariah tidak mengandung riba karena tidak ada bunga bank di dalamnya. Dasar hukumnya berpedoman pada Fatwa DSN-MUI no 4 tahun 2000 mengenai murabahah, Fatwa DSN-MUI no 13 tahun 2000 tentang uang muka murabahah dan Fatwa DSN-MUI no 11 tahun 2017 yang menjelaskan tentang akad jual beli murabahah.

Cara Mengambil Kredit Kendaraan Bermotor Syariah

Kredit Mobil Syariah : Pengertian, Cara, Syarat dan Keuntungan

Kredit mobil syariah banyak dicari oleh muslim yang menghindari riba. Untuk mengambil kredit kendaraan syariah ada caranya, yaitu :

1. Cari Referensi Penyedia Layanan Kredit  Mobil Syariah

Sebelum mengambil kredit kendaraan syariah, pastikan untuk mencari referensi terlebih dahulu mengenai lembaga keuangan yang menyediakan kredit mobil syariah.

Cari info juga tentang asuransi kendaraan, mobil, kesehatan dan jiwa yang berkaitan dengan kredit mobil. Karena bagaimanapun juga, mobil perlu perawatan dan perlindungan dari kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Asuransi kendaraan, mobil, kesehatan dan jiwa dapat memberi perlindungan kendaraan maupun nasabah dari risiko kerusakan, kecelakaan dan meninggal dunia.

2. Pilih yang Menawarkan Bunga Kompetitif

Bunga kompetitif setidaknya setara dengan bunga dari lembaga keuangan kebanyakan. Pelajari terlebih dahulu mengenai bunga dari lembaga keuangan yang melayani kredit kendaraan syariah. Carilah yang aman dan nyaman.

3. Pilih Lembaga Keuangan Penyedia Kredit Mobil Syariah Terpercaya

Lembaga keuangan penyedia kredit kendaraan syariah juga harus dipilih dengan tepat. Kalau bisa carilah yang memberikan layanan tanpa DP dan testimoni positif dari pengguna lainnya. Review lembaga keuangan penting untuk memastikan lembaga keuangan yang kita tuju amanah.

4. Pelajari Sistem Kredit Syariah di Lembaga Keuangan Pilihan

Setiap bank atau lembaga keuangan memiliki rincian yang berbeda meskipun sama – sama menggunakan prinsip syariah. Karena itu teliti dengan benar mengenai sistem pengajuan kredit, besaran bunga, perhitungan cicilan mobil, serta biaya – biaya lain yang menyertainya.

Syarat Kredit Mobil Syariah

Tertarik untuk mengajukan kredit kendaraan syariah, penuhi syarat-syaratnya berikut ini :

  1. Fotokopi KTP
  2. Memiliki sumber penghasilan tetap dibuktikan dengan slip gaji atau rekening koran 3 bulan terakhir.
  3. Memiliki SIM A
  4. Laporan usaha jika memiliki usaha atau wiraswasta
  5. Membayar uang muka atau DP jika ada DP yang harus dibayarkan.
  6. Membayar biaya asuransi sesuai biaya pertanggungan. Kamu juga bisa membeli asuransi kendaraan, mobil, kesehatan dan jiwa untuk perlindungan mobil sekaligus nasabah.
  7. Membayar biaya administrasi
  8. Biaya notaris
  9. Membayar biaya BBNKB yang dihitung dengan mengalikan persentase bea dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)
  10. Membayar biaya cek fisik bagi mobil bekas, sesuai dengan ketentuan bank syariah yang bersangkutan.

Keuntungan Kredit Mobil Syariah

Kredit syariah, tergolong aman dan halal karena tidak mengandung riba di dalamnya. Inilah yang membuat kredit kendaraan syariah banyak diminati. Keuntungan yang didapat pun beragam, seperti :

1. Cicilan Aman

Cicilan per bulan dari kredit syariah jumlahnya tetap dan sama sampai cicilan berakhir. Hal ini dikarenakan margin keuntungan perusahaan tetap di awal. Jadi aman. Simulasi kredit syariah seperti ini. Jika cicilan pertama 1,5 juta. Maka cicilan selanjutnya sampai akhir tetap 1,5 juta tanpa tambahan biaya apapun.

2. Sumber Dana Halal

Sumber dana yang dipakai nasabah untuk kredit kendaran syariah pasti halal karena nasabah pastilah orang yang amanah dan menginginkan segala sesuatu sesuai syariah Islam. Ada penghasilan tetap yang menjadi syarat pengambilan kredit. Jadi ada dana yang berasal dari sumber yang jelas.

3. Alokasi Dana DItujukan ke Hal Positif

Alokasi dana dari kredit kendaraan syariah ditujukan ke pihak yang membutuhkan, bukan ke perusahaan keuangan. Dengan demikian, nasabah turut serta membantu orang lain yang mengalami kesulitan. Nilainya jadi pahala.

4. Tanpa Riba

Tidak ada riba di dalam kredit syariah. Sebagai gantinya ada margin keuntungan yang diberikan di awal transaksi, yaitu selisih harga jual dan harga beli mobil yang sudah disepakati di awal.

Bagaimana? Tertarik untuk mengambil kredit mobil syariah. Cari lembaga keuangan yang terpercaya di Lifepal. Marketplace nomor satu di Indonesia yang menyediakan beragam asuransi kendaraan, mobil, kesehatan dan jiwa terbaik.

Ada lebih dari 40 partner Asuransi yang sudah bergabung di Lifepal. Produk asuransi yang ada juga terpercaya dan mendapatkan apresiasi positif dari nasabahnya. Layanan terbaik dan tentunya memberikan perlindungan maksimal. Tunggu apalagi. Cari asuransi kendaraan, mobil, kesehatan dan jiwa terbaik. Ya di Lifepal saja.

About the Author: admin