Kuliah Data Science, Jurusan yang Menjanjikan

Apa yang Dipelajari dalam Kuliah Data Science

Setiap perusahaan wajib memperoleh data yang relevan agar memiliki informasi yang berkualitas sebelum mengambil keputusan. Oleh karenanya, banyak perusahaan yang membuka lowongan bagi lulusan kuliah data science untuk mengurus bagian penting ini.

Data science banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang memprioritaskan pengolahan data untuk memaksimalkan perkembangan bisnisnya. Kebutuhan akan profesi ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jika kamu berminat kuliah di bidang ini, simak saja penjelasan berikut.

Perusahaan yang Membutuhkan Data Scientist

Data scientist sangat dibutuhkan di semua industri dan beberapa perusahaan besar bahkan bersedia membayar mahal untuk para pekerja yang profesional.

Perusahaan ingin data scientist menerjemahkan data bisnis yang dimiliki menjadi informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan penting. Keputusan yang diambil berdasarkan informasi data ini akan sangat berperan bagi pertumbuhan bisnis.

Apa Itu Kuliah Data Science

Program studi Data Science mempelajari cara mengolah dan menginterpretasikan data dengan bantuan rumus statistika, bahasa pemrograman, serta peralatan yang sesuai. Ini adalah kombinasi dari ilmu sains dan sosial.

Data Science khusus mempelajari data yang sifatnya kuantitatif untuk menemukan pola-pola tertentu. Ilmu lain yang menunjang adalah matematika, statistika, komputer, sistem informasi, serta ilmu sosial, seperti manajemen, ekonomi, komunikasi dan kepustakaan.

Apa yang Dipelajari dalam Kuliah Data Science

Apa yang Dipelajari dalam Kuliah Data Science

Mahasiswa akan mempelajari analisis data dan pemrograman komputer. Mereka juga menekuni pemodelan prediktif, statistik, kalkulus, dan ilmu ekonomi. Mahasiswa menguasai aplikasi atau peralatan yang digunakan untuk mengelola data besar (Big Data).

Data science belajar mengolah data yang terstruktur dan tidak. Adapun contoh data yang terstruktur, misalnya keuangan dan demografi. Sedangkan contoh data yang tidak terstruktur, antara lain email, media sosial, dan sebagainya.

Mahasiswa mampu mengolah data secara statistik serta menggunakan bahasa pemrograman yang umum, seperti python dan R. Mahasiswa diharapkan menyajikan hasil temuan dan memberikan rekomendasi dalam bentuk yang mudah dipahami.

Kurikulum dirancang untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai Artificial Intelligence, machine learning, dan deep learning. Adapun beberapa mata kuliah yang harus ditempuh ketika memilih kuliah data science adalah sebagai berikut:

  • Pemrograman situs web.
  • Artificial Intelligence.
  • Statistika dengan R.
  • Analisis data besar (Big Data).
  • Basis Data dan n SQL untuk data besar (Big Data).
  • Sistem Kecerdasan Bisnis, dan sebagainya.

Tidak melulu tentang sains dan data, program studi data science juga mengajarkan berbagai ilmu sosial, seperti ilmu komunikasi. Di sini, para mahasiswa harus belajar cara berkomunikasi agar hasil pengolahan data dapat disampaikan dengan baik.

Prospek dalam Karir

Lulusan data science dapat berkarir di berbagai bidang yang berkenaan dengan pengolahan data, antara lain:

Data Scientist

Data Scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah dan melakukan analisis data. Data yang diolah ini digunakan untuk menghasilkan keputusan yang hanya berdasarkan dugaan namun sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasar.

Data Analyst

Data analyst meneliti informasi yang diperoleh berdasarkan data dan memberikan insight atas data tersebut. Seorang data analyst betugas membantu proses pengolahan data agar informasi yang diperoleh dapat digunakan sebaik mungkin.

Data Engineer

Data engineer bertugas membangun sistem infrastruktur. Mereka berperan dalam pengaturan dan pengelolaan arsitektur data sebuah perusahaan. Pekerjaannya meliputi jaringan pipa, database sampai warehouse.

Jika hendak menggeluti profesi ini, kamu harus memilih kampus yang mengkhususkan diri untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang data science. Salah satu kampus ternama yang bisa kamu pilih adalah Data Science UBM (Universitas Bunda Mulia).

Kuliah di Data Science UBM

Jika kamu ingin kuliah dan meniti karir di bidang data science, maka Universitas Bunda Mulia merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat belajar. Program studi Data Science UBM didukung dengan jajaran dosen yang profesional dan berpengalaman.

Tidak hanya memiliki kemampuan secara teori, dosen UBM telah memiliki pengalaman sebagai praktisi di bidang industri. Hal ini akan mendorong mahasiswa memiliki pengalaman yang lebih baik mengenai data science.

Mengambil program studi data science UBM adalah pilihan yang tepat. Kurikulum yang disusun telah dipersiapkan dengan menyesuaikan atas kebutuhan industri. Diharapkan lulusan UBM mampu mempraktikkan semua ilmu yang telah dipelajari selama kuliah.

You May Also Like

About the Author: admin