4 Makanan Sehat ala Korea

Apa saja Makanan Sehat Khas Korea

Pecinta drakor pasti melihat para artisnya makan makanan Korea dengan lahap. Tak bisa dipungkiri jika kita akhirnya mencari makanan tersebut karena terlihat sangat enak dan menggiurkan. Bahkan kabarnya makanan Korea itu terkenal sehat karena banyak yang terbuat dari sayur-sayuran.

Tahu nggak sih jika makanan Korea itu sebenarnya lahir dari budaya, lingkungan geografi serta iklim dari negara Korea itu sendiri. Rasanya yang unik dan pengolahannya yang berbeda dari negara tetangga,

Apakah Makanan Khas Korea Sehat?

Makanan Korea terkenal sehat karena terbuat dari bahan dasar sayuran yang memiliki nilai gizi yang tinggi, seperti vitamin, protein, kalsium, serat dan juga mineral. Selain itu makanan khas Korea juga memiliki beragam fungsi seperti penambah energi, memperhalus kulit, melancarkan pencernaan dan fungsi kesehatan lainnya.

Jadi fungsi makanan Korea bukan hanya untuk mengenyangkan perut saja, tapi juga memiliki beragam fungsi kesehatan lainnya. Tak heran jika banyak yang berburu makanan orang Korea yang punya cita rasa khas dan enak.

Makanan sehat Korea ini kebanyakan adalah hasil fermentasi. Tujuannya untuk memecah makanan menjadi komponen kecil yang mudah dicerna oleh bakteri hidup di sekitar kita. Selain itu, makanan Korea yang sehat juga mengandung lauk hewani dan tinggi protein.

Selain fermentasi, makanan khas Korea juga diolah dengan metode perebusan, pengukusan, pengawetan dan juga pemanggangan. Dari metode ini dapat dilihat jika makanan Korea minim penggunaan minyak dan menghindari metode penggorengan. Itulah yang menyebabkan nilai gizi makanan tetap terjaga dan kalori yang dimilikinya tetap rendah.

Apa saja Makanan Sehat Khas Korea

Apa saja Makanan Sehat Khas Korea

Ada beberapa macam makanan sehat khas Korea yang diburu oleh pecinta kuliner. Beberapa diantaranya yang terkenal yaitu :

1. Kimchi

Kubis adalah bahan dasar utama yang biasanya dipakai untuk membuat Kimchi. Meskipun demikian, ada sayuran lagi yang bisa diolah menjadi kimchi, seperti lobak putih, mentimun, kol dan bawang Bombay. Berbagai olahan tersebut menghasilkan 100 jenis lebih kimchi di Korea yang rasanya bervariasi.

Kimchi termasuk makanan khas Korea yang sehat karena dibuat melalui proses fermentasi. Di dalamnya ada proses penggaraman yang membunuh bakteri berbahaya dan menyisakan bakteri asam laktat yang bermanfaat.

Kimchi biasanya disajikan dengan bahan pelengkap berupa bawang putih dan gochu atau cabai merah. Bumbu di dalamnya mengandung allicin dan capsaicin yang memiliki sifat antioksidan, anti bakteri dan anti kanker.

2. Bibimbap

Makanan khas Korea yang sehat lainnya yaitu Bibimbap, yaitu nasi campurnya Korea yang terdiri dari nasi, daging, telur, tumis sayur dan saus pedas atau ganjang atau kecap asin yang dicampur jadi satu.

Bisa dibayangkan rasanya yang beragam dan variatif. Ada manis, pedas dan asin di dalamnya. Kombinasi seimbang dalam satu menu makanan yang menyehatkan dan enak.

3. Bulgogi

Makanan sehat khas Korea yang minim penggunaan minyak adalah Bulgogi, yaitu olahan daging yang dipanggang menggunakan bumbu ala Korea. Bumbu ini terdiri dari campuran kecap asin, bawang putih yang dicincang, daun bawang yang dicincang halus, biji wijen yang disangrai, merica serta minyak wijen.

Potongan daging bulgogi sangat tipis dengan memanfaatkan sirloin sapi yang teksturnya sedikit berlemak. Metode pemanggangan inilah yang meminimalisir penggunaan minyak, sehingga daging sirloin lebih sehat karena rendah kalori.

4. Japchae

Japchae termasuk makanan sehat orang Korea yang mewah karena biasanya disajikan saat pesta. Japchae terdiri dari mie bihun dan sayur yang sudah dibumbui dan ditambahkan kecap asin, gula, serta minyak wijen. Rasanya sangat khas dan menggugah selera.

Kesimpulan

Makanan khas Korea ternyata ada beragam. Cita rasanya yang khas dan proses pembuatannya yang mengusung tema kesehatan, membuat makanan Korea patut untuk dicoba.

Tidak hanya kenyang, kita juga bisa merasakan manfaat kesehatan dan kecantikan dari makanan yang kita konsumsi. Pantas saja orang Korea cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Makanannya sehat semua sih. Cobain makanan sehat orang Korea yuk biar kita ikutan sehat dan cantik.

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.