Pengaruh VR & AR untuk Para Gamers Indonesia

Manfaat Virtual Reality dan Augmented Reality untuk Gamers

Dengan adanya teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality menjadikan industri game setiap harinya semakin maju dan berkembang. Teknologi VR dan AR ini memberikan user experience yang menarik dan pengalaman bermain yang lebih nyata.

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang menghasilkan video maupun gambar seperti dunia nyata sehingga pengguna dapat melakukan interaksi di dunia virtual. Misalnya bermain game boxing dengan menggunakan VR, sensasi yang dirasakan seakan bermain langsung di dunia nyata.

Sedangkan Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu memodifikasi lingkungan nyata dengan objek yang dihasilkan komputer. Pada teknologi AR menambahkan suara, grafis maupun video di dalamnya.

Tidak seperti VR yang menciptakan dunia nyata menjadi virtual, AR hanya memunculkan lokasi yang ada didekat pengguna. Tujuan dari penggunaan Teknologi VR & AR untuk menciptakan permainan yang lebih interaktif dan pastinya semakin menarik.

Pemanfaat VR & AR dalam industri gaming diyakini dapat mengubah cara berpikir baru atau game changer yang memiliki potensi besar untuk berbagai industri.  Bahkan untuk gamer itu sendiri teknologi VR & AR memberikan banyak manfaat.

Manfaat Virtual Reality dan Augmented Reality untuk Gamers

Manfaat Virtual Reality dan Augmented Reality untuk Gamers

Sistem kerja VR & AR pada industri gaming terbilang cukup baru, sehingga produsen game tidak bisa sembarangan menggunakannya. Ada hal yang harus dipertimbangkan seperti peralatan game. Baik itu game yang hanya menggunakan VR dan AR saja atau menggabungkan keduanya.

Walau begitu, manfaat Virtual Reality dan Augmented Reality untuk gamers sangat penting. Berikut ini keuntungan yang akan didapat para gamers.

1. The Renewal of 3D

Teknologi 3D industri gaming memang bukan hal yang baru. Akan tetapi, ketika menggunakan teknologi VR & AR akan menciptakan permainan yang lebih seru. Sehingga, para gamers dapat menikmati sensasi baru yang berbeda melalui objek 3D yang dihasilkan teknologi VR & AR.

2. Real-Time Interaction

Dengan adanya real-time interaction, para pemain game dapat bermain bersama dengan orang lain. Walau teman yang diajak bermain berada dibelahan bumi lain.

3. Fascinating Experience

Teknologi VR & AR membuat pemain seakan masuk ke dunia virtual yang tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Oleh sebab itu, teknologi ini mampu menciptakan sensasi permainan yang lebih seru bagi pemain dan mendapatkan pengalaman yang lebih imersif.

4. Change in Lifestyle

Awalnya game dimainkan untuk hiburan belaka dalam mengisi waktu luang. Akan tetapi, semakin berkembangnya industri gaming menarik minat industri lainnya. Dimana tidak sedikit industri yang memakai format gaming dengan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality.

Seperti industri kesehatan, pariwisata, bahkan pendidikan. Hingga akhirnya game menjadi gaya hidup dan kebutuhan yang tidak terpisahkan.

Ciptakan Bisnis Lebih Menarik dengan Teknologi VR & AR

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa banyak industri yang memiliki ketertarikan pada pemanfaatan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality untuk mengembangkan bisnis. Karena, di era digitalisasi saat ini penting untuk menawarkan bisnis yang unik dan menarik.

Oleh karena itu, smarteye.id hadir untuk Anda yang sedang mencari layanan perusahaan VR & AR dalam membantu memajukan berbagai bisnis. Apa pun bisnisnya dapat menggunakan VR & AR untuk berbagai kebutuhan. Seperti produk dan layanan yang ditawarkan oleh smarteye.id.

Diantaranya terdapat VR Tour untuk visualisasi objek secara virtual hingga 360 derajat. Ada juga layanan produk VR Training untuk kebutuhan simulasi pelatihan kerja karyawan, VR Expo untuk pameran, dan AR Interactive sebagai transformasi digital sebuah objek yang lebih interaktif.

Smarteye.id merupakan layanan perusahaan VR & AR dibawah naungan Telkom Indonesia yang memberikan solusi dalam mengembangkan inovasi tanpa batas dan menghasilkan pengalaman interaktif di masa mendatang.

Untuk itu dalam mendorong transformasi digital di industri 4.0 dengan menggunakan teknologi VR & AR yang memberikan banyak manfaat untuk berbagai bidang industri. Dimana mampu mengurangi biaya operasional yang tinggi dan menciptakan user experience yang lebih menarik.

Jadi, untuk masa depan yang lebih baik wujudkan impian menjadi nyata dengan teknologi Virtual Reality dan Augment Reality. Industri gaming dan lainnya akan banyak diuntungkan dengan VR & AR.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.