Rekomendasi Buku Pemrograman Python untuk Pemula

Rekomendasi Buku Pemrograman Python untuk Pemula

Jika Anda sedang mendalami pemrograman python maka mulai mempelajarinya dari buku cetak yang telah tersebar di pasaran menjadi salah satu cara paling efektif agar dapat paham dengan lebih mudah.

Sebab, ketika Anda belajar pemrograman python menggunakan buku cetak, tentunya akan cenderung lebih fokus karena tidak terganggu dan tergoda untuk mengerjakan hal lain.

Hal ini tentu akan sangat berbeda dengan langsung mempelajari di Internet yang kemungkinan terganggunya akan cukup tinggi karena mudah mengakses situs lain selama belajar.

Namun sebelum mengetahui rekomendasi buku pemrograman python untuk pemula, yuk cari tahu dulu apa sebenarnya Phyton itu?

Apa Itu Pemrograman Python?

Phyton merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki desain sederhana namun bagus sehingga sangat mudah dimengerti oleh pemula.

Selain itu, Bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman yang juga banyak berperan penting untuk Machine Learning dan Deep Learning karena mudah dimengerti oleh banyak orang serta mudah untuk dibaca.

Jadi tidak heran jika banyak yang tertarik untuk belajar pemrograman dan dimulai dari mempelajari Python terlebih dahulu.

Hal ini tentu tidak terlepas dari fiturnya yang memiliki banyak Library sehingga dapat digunakan untuk mengolah perhitungan dan data statistik.

Siapakah yang merancang bahasa pemrograman python?

Python merupakan sebuah bahasa pemrograman yang langsung dikembankan oleh seorang praktisi komputer asal Belanda yaitu Guido Van Rossum sekitar tahun 1990.

Lalu pada lima tahun setelahnya tepatnya 1995, Python mulai dikembangkan ke tahap selanjutnya agar lebih kompatibel dan mudah diaplikasikan pada berbagai sistem komputer sehingga banyak digunakan oleh banyak orang hari ini.

Rekomendasi Buku Pemrograman Python untuk Pemula

Rekomendasi Buku Pemrograman Python untuk Pemula

Sebagai seorang pemula yang hendak memulai untuk belajar Python, tentu berguru dari yang ahli adalah hal yang perlu untuk dilakukan.

Kemampuan pemrograman python adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siapapun yang ingin berkarir sebagai seorang programmer khususnya adalah Python Developer.

Salah satu cara untuk mendukung berkembangnya kemampuan pemrograman Python adalah langsung dari ahlinya.

Namun agar lebih fokus dan fleksibel Anda dapat mempelajari dari ahlinya dengan cara otodidak yaitu adalah dengan belajar dari buku cetak yang telah tersedia di pasaran.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku pemrograman python terbaik untuk pemula yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pembelajaranmu, diantaranya adalah:

1. Python Crash Course

Python Crash Course merupakan salah satu buku yang layak untuk Anda baca saat sedang mempelajari bahasa pemrograman ini.

Buku ini ditulis oleh Eric Matthes dan diperuntukkan untuk siapapun yang ingin belajar berbagai macam Contoh Program Python tanpa latar belakang data science karena bahasanya sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti.

Selain itu, buku Python Crash Course juga menyediakan berbagai latihan yang bisa Anda kerjakan untuk membantu meningkatkan kemampuan setelah mempelajari materi yang disampaikan dalam buku tersebut.

2. Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan Python

Rekomendasi buku pemrograman Python kedua yang dapat membantu Anda untuk belajar hal tersebut secara otodidak yaitu adalah algoritma dan pemrograman menggunakan python.

Buku ini akan menjabarkan berbagai contoh program python dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Selain itu, ada pula penjelasan detail mengenai cara menjalankan pemrograman Python mulai dari tingkat dasar hingga tahap selanjutnya.

3. Effective Python

Rekomendasi buku pemrograman Python lainnya yang dapat Anda miliki yaitu adalah Effective Python dan ditulis langsung oleh seorang praktisi programmer bernama Brett Slatkin.

Buku ini sangat cocok untuk Anda yang telah mengetahui berbagai dasar dan contoh program Python sehingga dapat melanjutkannya dengan mempelajari cara menulis kode yang bersih namun masih mudah untuk dibaca.

Bahkan, buku Effective Python ini juga menghadirkan materi mulai dari tingkat dasar hingga lanjut secara lengkap agar Anda dapat membuat program milik Anda sendiri nantinya.

4. Head First Python: A Brain-Friendly Guide

Head First Python: A Brain-Friendly Guide buku untuk belajar python yang ditulis oleh Paul Barry dan sangat cocok digunakan oleh para pemula karena berisi lebih banyak visual dibandingkan dengan tulisan.

Tentu ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang lebih suka belajar secara visual karena terdapat banyak ilustrasi yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami cara kerja pemrograman python dengan lebih mudah.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.