SehatQ : Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan, Kenapa?

Berbagai Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Nyeri dada sebelah kanan merupakan hal yang harus Anda perhatikan karena ada kemungkinan terjadi sesuatu yang dapat membahayakan tubuh Anda.

Sebab, seringkali nyeri dada dikaitkan dengan adanya masalah pada jantung, kram otot hingga asam lambung naik dan ditandai dengan rasa tertekan serta perih seperti tertusuk pada area tersebut.

Tentu jika muncul gejala penyakit seperti sering nyeri dada sebelah kanan menjadi hal yang tidak boleh dianggap sepele.

Karena itulah, ada beberapa penyebab gangguan ini yang perlu untuk diperhatikan agar semakin mudah saat menanganinya.

Berbagai Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Di dalam dada manusia, tersimpan banyak organ dan jaringan yang sangat mungkin untuk mengalami cedera.

Jadi, apabila dada sebelah kanan terasa nyeri tentu ada beberapa penyebab yang kemungkinan dapat menjadi sumber penyakit utama sehingga dapat segera Anda berikan penanganan yang tepat.

Berikut adalah 7 penyebab sering terjadinya nyeri dada sebelah kanan dan sesak nafas yang perlu untuk Anda waspadai, diantaranya adalah:

1. Terjadi Ketegangan pada Otot

Salah satu penyebab terjadinya penyakit berupa nyeri dada sebelah kanan tembus punggung dapat terjadi karena adanya otot yang mengalami tegang.

Hal ini kemungkinan besar terjadi karena adanya penggunaan otot yang berlebihan pada bagian kanan sehingga menimbulkan rasa sakit terutama saat olahraga angkat beban.

Selain olahraga, beberapa gerakan berat dan dilakukan secara repetitif menggunakan otot kanan juga dapat menyebabkan otot menjadi tegang.

Jika terjadi hal tersebut pada tubuh Anda, maka cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan untuk masalah ini adalah dengan cukup istirahat dan mengkonsumsi obat anti nyeri sesuai dengan saran dokter.

2. Terdapat Gangguan Pencernaan

Kedua, nyeri dada sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada organ pencernaan seperti asam lambung yang naik (gerd).

Tidak hanya itu saja, gangguan ini juga dapat diakibatkan karena adanya batu empedu dan juga kanker pankreas sehingga harus segera berobat ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Gangguan pada Paru-Paru

Gangguan pada paru-paru seperti pneumonia juga dapat menjadi penyebab munculnya keluhan nyeri dada sebelah kanan dan sesak nafas disertai dengan batuk berlendir.

Biasanya gangguan ini akan diikuti dengan keluhan lainnya seperti meriang, mual, muntah dan demam tinggi.

Dimana, gangguan pada paru-paru ini terjadi karena adanya sumbatan pada pembuluh darah ataupun tekanan tinggi pada pembuluh darah disekitar organ tersebut.

4. Terdapat Cedera pada Bagian Dada

Jika Anda sebelumnya pernah mengalami cedera pada bagian dada kanan baik itu karena hantaman yang menyebabkan tulang iga retak tentu akan membuat area tersebut terasa nyeri.

Nyeri ini akan semakin terasa saat penderitanya batuk, bersin atau bahkan tertawa sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas.

Oleh sebab itu, cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan akibat cedera adalah dengan langsung membawa ke dokter untuk menghindari terjadinya komplikasi yang lebih parah sekaligus memaksimalkan proses pemulihan.

5. Stress atau Depresi

Penyebab munculnya penyakit berupa nyeri dada sebelah kanan yang lainnya adalah karena stress ataupun depresi. Sebab, stress dan depresi dapat memicu terjadinya rasa sakit pada bagian jantung di dada sebelah kanan.

Karena itulah, sangat penting untuk tidur cukup, makan bergizi dan meminta bantuan psikiater yang dapat memberikan bantuan medis agar tidak salah diagnosa.

6. Peradangan pada Kantong Empedu

Peradangan pada Kantong Empedu atau biasa dikenal dengan sebutan Kolesistitis adalah salah satu penyebab munculnya rasa sering nyeri dada sebelah kanan.

Umumnya, gangguan ini terjadi karena ada batu empedu yang menutupi bagian pada saluran organ dalam. Hal tersebut yang akhirnya membuat perut bagian atas terasa nyeri lalu menjalar rasa sakitnya ke bagian bahu hingga punggung kanan.

Beberapa gejala tambahan pada kolesistitis selain nyeri pada bagian dada kanan yang dapat Anda rasakan ini yaitu mual, muntah, tidak nafsu makan hingga meriang.

7. Masalah pada Bagian Pankreas

Terakhir, penyakit nyeri pada bagian dada ini juga kerap kali disebabkan karena adanya masalah pada bagian pankreas seperti peradangan.

Enzim pada organ ini sudah bekerja sangat aktif bahkan sebelum dikeluarkan ke saluran pencernaan.

Hal inilah yang mengakibatkan munculnya iritasi pada bagian pankreas sehingga menimbulkan peradangan.

Salah satu cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan untuk tindakan preventif adalah dengan mengurangi kebiasaan makan dan minum yang menimbulkan iritasi dan batu empedu seperti alkohol.

Itulah 7 penyebab munculnya penyakit berupa nyeri dada sebelah kanan yang dapat Anda waspadai dan perhatikan sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat agar tidak jadi semakin parah.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.