Tips Ampuh Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Tips Ampuh Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh – Perut sering kram menandakan adanya masalah kesehatan di bagian perut. Terutama jika sakit perut yang dirasakan terjadi berulang kali dan tidak kunjung sembuh dalam jangka …

Tips Ampuh Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Tips Ampuh Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh – Perut sering kram menandakan adanya masalah kesehatan di bagian perut. Terutama jika sakit perut yang dirasakan terjadi berulang kali dan tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kenapa Perut Tiba-tiba Kram

Sakit perut bisa terjadi pada siapa saja dan sangat wajar. Tapi jika terjadi berulang kali dan tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama, maka sakit perut yang terus berlanjut tersebut harus dikonsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika ditanya kenapa perut tiba-tiba kram. Jawabannya karena banyak faktor, seperti kontraksi otot yang berlebihan, gangguan pencernaan, gas dalam saluran pencernaan, makanan atau minuman tertentu sampai stress.

Penyebab Perut Kram

Tips Ampuh Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh
Tips Ampuh Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Kram perut memiliki ciri-ciri perut terasa sakit seperti ditusuk,kaku dan tidak nyaman. Penyebab perut kram ada beberapa, yaitu :

1. Kontraksi Otot Berlebihan

Kram perut dapat terjadi akibat adanya kontraksi otot yang berlebihan di dalam perut. Biasanya terjadi saat olahraga yang tidak pemanasan terlebih dahulu, sehingga otot perut menjadi kaget. Atau makan dalam porsi banyak saat perut sedang kosong. Sehingga otot perut kaget dan menjadi kram.

2. Gas dalam Saluran Pencernaan

Gas yang terperangkap dalam saluran pencernaan juga dapat menjadi penyebab perut kram. Biasanya terjadi karena kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang membuat perut kembung seperti makanan pedas, berlemak atau berminyak.

3. Gangguan Pencernaan

Perut sering kram juga dapat terjadi akibat beberapa gangguan pencernaan, seperti iritasi usus besar, radang usus, dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Stres

Stress yang berlebihan dapat mengganggu organ tubuh terutama pencernaan. Karena itulah kelola stress dengan baik agar perut tidak sering kram.

Cara Mengatasi Kram Perut

Kram perut memang bukan penyakit serius. Tapi jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat membuat perut sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anda dapat memperhatikan cara menyembuhkan kram perut berikut ini sehingga aktivitas Anda tidak terganggu, yaitu :

1. Kompres Air Hangat

Cara meredakan sakit perut akibat kram yang pertama yaitu dengan memberikan kompres hangat di bagian perut. Jika masih terasa sakit, Anda dapat mandi air hangat agar rasa sakit di bagian perut dapat cepat reda. Air hangat dapat memperlancar aliran darah sehingga kram perut dapat diatasi.

2. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen jika rasa nyeri di perut tak kunjung sembuh. Obat pereda nyeri ini bersifat sementara. Jika masih berlanjut, Anda dapat konsultasi langsung ke dokter.

3. Diet BRAT

Diet BRAT adalah diet sehat dengan mengkonsumsi makanan rendah serat dan memiliki daya serap tinggi seperti pisang, nasi, saus apel dan roti panggang. Hindari juga makanan pedas, berlemak dan berminyak serta minuman berkarbonasi agar perut tidak kembung.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Cara meredakan sakit perut selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih karena air putih berguna untuk mencegah dehidrasi. Selain itu air putih dapat membantu penyerapan nutrisi oleh usus sehingga kram perut dapat dihindari.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Sakit perut yang tak kunjung sembuh juga dapat diakibatkan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Untuk itulah segera berhenti merokok dan minum alkohol agar kesehatan pencernaan dapat lebih terjaga dengan baik.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan perut Anda. Jika tak kunjung sembuh, dokter akan melakukan analisa dan memberikan obat-obatan tertentu yang dapat menyembuhkan sakit perut.

Tenang, obat yang diberikan dokter sudah sesuai dengan standar Persatuan Apoteker Indonesia seperti pafiwaykanan. Sebagai informasi pafiwaykanan merupakan perkumpulan Apoteker profesional yang menghasilkan obat berkualitas dan aman dikonsumsi pasien tertentu termasuk pasien kram perut. Semoga lekas sembuh ya dan jaga selalu organ pencernaan kita agar terhindar dari kram perut.