Tips Memilih Sekolah Internasional Terbaik untuk Anak

Cara Pilih Sekolah Internasional Terbaik

Dewasa ini, pilihan sekolah untuk anak-anak semakin variatif. Baik sekolah internasional ataupun konvensional, keduanya memberikan banyak penawaran yang menarik.

Beberapa alasan mengapa sekolah internasional memiliki banyak peminat, antara lain karena kemungkinan untuk melanjutkan studi ke luar negeri lebih besar dan sistem belajar yang sesuai kebutuhan.

Ingin tahu apa saja yang harus dijadikan pertimbangan memilih sekolah internasional? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Cara Pilih Sekolah Internasional Terbaik

Cara Pilih Sekolah Internasional Terbaik

1. Fasilitas

Dalam pemilihan sekolah internasional, memperhatikan dan membandingkan fasilitas sekolah adalah hal yang penting. Keberadaan fasilitas sekolah ini, selain sebagai daya tarik juga menjadi penunjang keberlangsungan pembelajaran.

Kolam renang, ruang musik hingga sarana olahraga adalah beberapa fasilitas yang bisa dipertimbangkan. Bahkan, orang tua juga bisa mempertimbangkan bahasa pengantar yang digunakan di sekolah, loh!

2. Kurikulum Sekolah

Sudahkah tahu, jika ada banyak kurikulum yang digunakan oleh sekolah internasional ini? Ya, hal ini sekaligus menjadi ciri khas dan perbedaan mencolok dari sekolah konvensional.

Pilihlah kurikulum yang memang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan orang tua. Ada banyak kurikulum yang jadi acuan, seperti Cambridge, International Baccalaureate, Montessori dan lain-lain.

3. Tenaga Pengajar

Hal yang bisa menjadi pertimbangan selanjutnya adalah tenaga pendidik yang mengampu di sekolah tersebut.

Di beberapa sekolah, biasanya akan ditampilkan profil para pengajar termasuk kepala sekolahnya. Tidak masalah jika kita sebagai orang tua, memeriksa kredibilitas dan kompetensi para guru.

4. Pelayanan

Yang tak kalah penting adalah pelayanan yang diberikan sekolah. Meskipun terlihat sepele, tapi ini juga berperan penting. Pelayanan yang dimaksud di sini adalah seperti komunikasi antara kedua belah pihak, sistem administrasi hingga informasi.

Carilah sekolah, yang memberikan pelayanan ternyaman untuk orang tua dan anak-anak. Kenapa? Karena nantinya, anak-anak juga akan menghabiskan waktu seharian di sana, bukan?

5. Jarak

Setelah hal-hal di atas, selanjutnya kita bisa mempertimbangkan jarak antara sekolah dengan rumah kita. Buatlah daftar beberapa alternatif sekolah internasional, kemudian pilah berdasarkan poin-poin di atas.

Lalu, manakah sekolah yang paling memungkin ditempuh dalam jarak wajar? Dalam artian, jangan sampai anak-anak justru menghabiskan banyak waktu di jalan, ya.

6. Biaya

Nah, tentu saja ini hal yang sangat penting. Biaya. Pilihlah sekolah dengan biaya pendidikan yang sesuai dengan anggaran keluarga.

Jangan sampai memaksakan diri (berutang), hanya karena memilih sekolah yang biaya jauh di atas budget kita.

Sedikit informasi menarik, bahwa pada tahun 2021 ada sebanyak 200 sekolah internasional yang berdiri di Indonesia! Hal ini tentu saja karena antusias masyarakat yang tinggi.

Banyak sekolah internasional yang sekarang didirikan, dengan demikian artinya kita harus semakin selektif dalam memilihnya. Dari semuanya, tentu akan ada sekolah yang terbaik untuk anak-anak.

Namun, bisa dibilang tidak ada kriteria khusus untuk mendapatkan sekolah internasional yang terbaik untuk anak-anak. Seperti yang sebelumnya kita bahas, bahwa untuk mendapatkan sekolah ini perlu menyesuaikan dengan kebutuhan anak dan orang tua.

Sekolah Internasional? Ke Menlo Park School Yuk!

Salah satu sekolah yang bisa dijadikan pilihan adalah Menlo Park School. Sekolah ini berada di daerah Subang, Jawa Barat. Di sekolah ini, anak-anak akan diajak untuk mempelajari hal-hal nyata dalam kehidupan.

Program unggulan yang dimiliki sekolah ini, antara lain Outstanding Portfolio, lulus IELTS, persiapan studi lanjutan di luar negeri dan pendampingan untuk mendapatkan nilai tertinggi pada kurikulum A Level.

Sekolah internasional yang satu ini, juga memiliki tenaga pengajar yang berkompeten. Hampir semua tenaga pendidiknya merupakan alumni universitas besar dalam dan luar negeri.

Setiap sekolah berstandar tinggi, biasanya berangkat dengan filosofi yang beragam. Ada yang berfokus pada pengembangan karakter anak, kreativitas, entrepreneur hingga kritis analitis. Itulah mengapa, kemudian sekolah semacam ini juga disebut dengan sekolah personal.

Tidak lain, karena anak-anak masuk ke sekolah tersebut sesuai dengan kondisi personal (kebutuhan) masing-masing. Biasanya, anak-anak memang akan dibantu dan difasilitasi untuk membentuk dan atau mengasah potensi yang dimilikinya.

Nah, jadi bagaimana? Sudah memiliki pilihan sekolah internasional? Jika belum, cobalah untuk menghubungi Menlo Park School untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.