Tips Melamar Kerja Via Email yang Baik dan Benar

√ 5 Cara Bisnis Online Baju untuk Pemula, Tips Melamar Kerja Via Email yang benar

Melamar pekerjaan saat ini bisa dilakukan dengan lebih praktis. Tak perlu lagi menulis surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan dan dimasukkan ke dalam amplop coklat. Lalu dikirimkan via pos. Selain tidak praktis karena menggunakan kertas, cara seperti itu juga membutuhkan waktu lama.

Mengirim surat lamaran pekerjaan saat ini bisa dilakukan via email. Contoh surat lamaran pekerjaan pun dapat dengan mudah didapatkan lewat internet. Selain praktis, mengirim surat lamaran pekerjaan via email dapat menghemat waktu dan terlihat professional.

Tips Melamar Kerja Via Email yang benar

Tips Melamar Kerja Via Email yang benar

Menulis surat lamaran pekerjaan via email memang terlihat mudah dan cepat. Contoh surat lamaran pekerjaan pun banyak ditemukan di internet, sehingga pelamar bisa menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar.

Ironisnya, masih banyak pelamar kerja yang ternyata belum mengetahui cara mengirim surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar. Masih saja ada pelamar yang keliru dan belum memenuhi syarat lamaran pekerjaan yang diminta perusahaan.

Kurangnya pengetahuan pelamar tentang tips melamar pekerjaan via email, membuat kesempatan pelamar untuk diterima di perusahaan yang sedang dituju menjadi berkurang. Karena itulah penting bagi pelamar pekerjaan untuk mengetahui tips melamar pekerjaan via email yang baik dan benar, seperti :

1. Siapkan Seluruh Dokumen yang Diperlukan

Sebelum mengirimkan surat lamaran pekerjaan via email, pastikan untuk memeriksa dokumen yang diminta perusahaan lengkap dengan format yang diminta.

Dokumen yang diminta perusahaan biasanya berupa CV, Ijazah yang sudah discan, kartu identitas, sertifikat dan pas foto sesuai ukuran yang diminta. Perhatikan kualitas file yang akan dikirimkan sudah baik. Tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar.

Setelah siap, jangan lupa menulis surat lamaran pekerjaan di badan email dengan bahasa resmi yang sopan. Contoh penulisan surat lamaran pekerjaan bisa dilihat di internet.

2. Gunakan Alamat Email yang Profesional

Alamat email yang digunakan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan via email harusnya alamat email yang resmi dan professional. Ciri-ciri alamat email professional adalah dengan menggunakan nama asli untuk membuat alamat email.

Usahakan untuk menghindari penggunaan nama sapaan atau kata tambahan pada alamat email resmi. Nama email yang dibuat dengan nama asli terlihat professional dan menunjukkan bahwa pelamar bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan.

3. Ikuti Standart Pengiriman Email

Standart pengiriman email yang benar yaitu dimulai dengan menulis nama penerima email yang dituju sekaligus cc penerimanya. Lalu isi subject email dengan kalimat surat lamaran kerja. Selanjutkan lanjutkan dengan isi badan email dan lampiran.

Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan nama penenerima. Perhatikan huruf besar kecilnya sudah digunakan dengan tepat. Begitu juga dengan tanda baca dan kaidah penulisan menggunakan EYD.

Semua dokumen penting yang disertakan letakkan pada lampiran dengan format yang benar, yaitu pdf untuk CV dan jpeg untuk gambar atau sesuai dengan permintaan perusahaan.

4. Hindari Pengiriman Berkas Dengan Format Zip atau Rar

Format Zip atau Rar sama saja dengan menyatukan berkas menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini akan mengubah ukuran asli dan mempersulit pihak HRD untuk membuka file. Itulah kenapa format Zip atau Rar perlu untuk dihindari.

Sayang sekali kalau surat lamaran sudah benar dan CV sudah bagus, namun semua lampiran dimasukkan dalam format Zip. HRD kesulitan membuka file dan akhirnya peluang pelamar untuk diterima jadi hilang.

5. Gunakan Bahasa Resmi

Surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah surat lamaran yang ditulis dengan menggunakan bahasa resmi dan sopan. Hindari penggunaan bahasa sehari-hari yang tidak formal. Pastikan penulisan huruf besar kecilnya juga benar, termasuk penulisan gelar atau jabatan.

6. Perhatikan Waktu Pengiriman Email

Waktu pengiriman surat lamaran pekerjaan juga menjadi poin plus bagi pihak HRD untuk melihat keprofesionalan pelamar dalam melamar pekerjaan. Waktu yang tepat untuk mengirim surat lamaran pekerjaan via email adalah pada jam kerja, yaitu pukul 09.00 sampai 12.00 WIB atau pukul 13.00 sampai 16.00 WIB

Pengiriman surat lamaran pekerjaan dengan waktu yang tepat akan menunjukkan bahwa pelamar adalah seorang yang professional yang sudah mengetahui jam kerja dengan baik.

7. Pastikan Alamat Email Perusahaan Sudah Benar

Kesalahan penulisan alamat email bisa berakibat fatal. Karenanya baca ulang surat lamaran yang sudah dibuat dan pastikan penulisan alamat email perusahaan sudah ditulis dengan benar.

Jika sudah tidak ada kesalahan dan yakin sudah benar, maka surat lamaran pekerjaan bisa langsung dikirim. Tinggal berdoa dan menunggu kabar baik dari pihak HRD perusahaan untuk menaggapi surat lamaran pekerjaan yang sudah dikirim.

Itu dia 7 tips melamar kerja via email dengan baik dan benar. Pastikan untuk mengikuti tips di atas untuk memperbesar kemungkinan pelamar diterima di perusahaan yang sedang dituju.

Pelajari juga contoh surat lamaran pekerjaan yang banyak disediakan di internet, lalu modifikasi dengan gaya bahasa sendiri namun tetap sopan dan formal. Bagaimana? Sudah siap. Yuk praktekkan tips melamar kerja via email dengan baik dan benar di atas. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.