6 Kelebihan Investasi Reksa Dana

6 Kelebihan Investasi Reksa Dana, Panduan Cara Berinvestasi untuk Milenial, AMA Akunting Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah, 7 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Tanpa disadari saat ini sudah banyak orang yang mulai sadar pentingnya menyiapkan masa depan dengan investasi.

Investasi yang dimaksud disini berbeda dengan pemberitaan yang sempat viral di Indonesia beberapa bulan yang lalu mengenai investasi yang ternyata adalah judi online.

Dengan perkembangan teknologi dan informasi serta media sosial yang sangat pesat memang menyadarkan banyak orang mengenai pentingnya investasi demi menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Pasalnya saat ini banyak sekali influencer atau publik figur yang mempromosikan atau memberikan edukasi pada masyarakat mengenai pentingnya melakukan investasi sejak dini.

Apalagi saat ini investasi tidak harus bermodalkan besar seperti beberapa tahun yang lalu, banyak platform saat ini memberikan kemudahan untuk investasi misalnya seperti Manulife Asset Management Indonesia dimana kita bisa investasi mulai 10 ribu rupiah.

Memang saat ini banyak sekali jenis instrumen investasi yang tersedia untuk masyarakat Indonesia, mulai dari saham, reksa dana, surat utang negara, hingga aset kripto bisa dijadikan sebagai instrumen investasi yang menjanjikan.

Memang setiap instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap instrumen investasi juga menawarkan return serta risiko yang berbeda.

Dalam investasi return akan berbanding lurus dengan risiko, jadi ketika Anda ingin return yang besar tentunya risiko yang Anda tanggung juga akan besar.

Salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko cukup rendah adalah reksa dana. Reksa dana sendiri memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan instrumen investasi yang lainnya.

6 Kelebihan Investasi Reksa Dana

Kelebihan Investasi Reksa Dana

Sebelum Anda memutuskan menjatuhkan pilihan untuk investasi di reksa dana, sebaiknya Anda melihat terlebih dahulu kelebihan reksa dana dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain.

Reksa dana sendiri adalah model investasi dimana Anda sebagai pemilik modal tidak perlu mengelola sendiri modal yang Anda miliki. Akan tetapi modal tersebut akan dikelola oleh manajer investasi sehingga Anda tidak perlu memantaunya setiap saat.

Jadi investasi reksa dana sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu dan serta masih minim pengetahuan mengenai investasi misalnya cara menganalisis saham dan lain sebagainya.

Berikut adalah enam kelebihan reksa dana jika dibandingkan dengan instrumen investasi yang lainnya seperti saham atau aset kripto.

1. Risiko yang Relatif Kecil

Mengapa investasi reksa dana cocok untuk pemula, salah satu alasan mendasarnya adalah risiko dari investasi reksa dana relatif kecil jika dibandingkan dengan instrumen investasi yang lainnya.

Selain itu jika Anda memilih investasi reksa dana maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan akan kehilangan aset. Karena investasi reksa dana tidak ada bentuk fisiknya semua aset Anda juga dikelola oleh bank kustodian jadi tingkat keamanannya sangat tinggi.

2. Tidak Perlu Modal Besar

Jika dulu stigma investasi hanya untuk mereka yang memiliki modal atau uang berlebih, kini dengan kemajuan teknologi dan juga tingkat literasi keuangan yang meningkat maka untuk investasi tidak perlu membutuhkan modal besar lagi.

Kelebihan investasi reksa dana adalah Anda bisa melakukan investasi mulai dari sepuluh ribu rupiah setiap harinya.

3. Return yang Menarik

Kelebihan reksa dana selanjutnya adalah menawarkan return yang menarik dan pada beberapa reksa dana return atau imbal hasil yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan investasi apalagi dalam jangka panjang. Pasalnya semakin lama waktu Anda menahan reksa dana maka potensi return yang didapatkan juga semakin besar.

4. Banyak Pilihan

Reksa dana memang memiliki banyak pilihan untuk para investornya, tidak hanya di saham Anda bisa menginvestasikan dana Anda di reksa dana pasar uang atau campuran.

Reksa dana sendiri memang memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda. Misalnya reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran.

5. Kemudahan

Faktor kemudahan menjadi faktor selanjutnya yang bisa dijadikan alasan untuk menanamkan modal di reksa dana. Karena jika Anda investasi reksa dana semua transaksi mulai dari pemilihan saham atau pasar uang dilakukan oleh broker.

Anda hanya cukup transfer kemudian pilih jenis investasi dan tunggu hasilnya atau return yang akan diterima jika Anda akan mengambil atau menjual reksa dana yang Anda miliki. Salah satu broker yang cukup terkenal di Indonesia adalah MAMI (Manulife Asset Management Indonesia).

6. Fleksibel dan Bebas Pajak

Reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup fleksibel, karena Anda bisa menjual dan membeli reksa dana kapan saja dan dimana saja.

Berbeda misalnya ketika Anda menanamkan modal di deposito dimana ketika ingin menarik dana harus menunggu waktu jatuh tempo yang sudah disepakati di awal.

Selain itu kelebihan reksa dana yang lain adalah bebas pajak sehingga lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan instrumen investasi yang lainnya.

Jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan investasi di reksa dana selain mengenal produk-produk investasi seperti reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan yang terbaru adalah reksa dana suku.

Anda juga harus jeli dalam memilih manajer investasi yang akan mengelola uang Anda, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan mulai dari legalitas sampai latar belakang perusahaannya.

Salah satu broker atau manajer investasi yang ada di Indonesia dan sudah ada sejak lama adalah Manulife Investment Management Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan MAMI.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.