Sangat Dibutuhkan di Pabrik, Kenali Apa Itu Mesin Conveyor dan Fungsi Utamanya

Manfaat dan Keuntungan Memakai Conveyor Belt

esin conveyor merupakan alat mekanik yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Mesin conveyor termasuk special purpose machining yang dibuat khusus melalui proses fabrikasi, biasanya terdiri dari sebuah sabuk berjalan yang terletak di atas satu atau beberapa pipa yang diikat dengan baut atau menggunakan sambungan lainnya. Sabuk tersebut dapat berjalan secara terus menerus dengan kecepatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Ada beberapa jenis mesin conveyor, seperti conveyor belt, conveyor roller, dan conveyor chain. Conveyor belt adalah salah satu jenis conveyor yang paling umum digunakan, yaitu sabuk berjalan di atas satu atau beberapa buah rol. Selanjutnya conveyor roller adalah conveyor yang menggunakan bantalan roller untuk memindahkan barang. Terakhir conveyor chain adalah conveyor yang menggunakan rantai sebagai sabuknya.

Sangat Dibutuhkan Pabrik dan Industri Umum Lainnya

Mesin conveyor sering digunakan dalam sebuah pabrik seperti industri manufaktur untuk memindahkan bahan-bahan mentah atau produk jadi dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya dari stasiun produksi ke gudang penyimpanan atau dari gudang penyimpanan ke truk pengiriman.

Mesin conveyor juga dapat dimanfaatkan oleh bidang non-industri, seperti di supermarket untuk memindahkan barang-barang ke kasir atau di bandara untuk memindahkan bagasi penumpang. Conveyor yang paling umum kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah eskalator.

Manfaat dan Keuntungan Memakai Conveyor Belt

Manfaat dan Keuntungan Memakai Conveyor Belt

Dalam penggunaannya, mesin conveyor memiliki beberapa manfaat di antaranya:

Mempercepat Proses Produksi

Kegunaan utama mesin conveyor ialah otomatisasi aktivitas pemindahan barang. Sebelum mesin conveyor digunakan untuk memudahkan industri, manusia menjadi satu-satunya pilihan untuk memindahkan barang. Dengan mesin conveyor aktivitas memindahkan barang dapat secara terus menerus. Dengan begitu dapat mempercepat proses produksi dan meningkatkan efisiensi kerja.

Menghindari Kelelahan Kerja

Aktivitas pemindahan barang yang dilakukan secara terus menerus dan monoton akan membutuhkan banyak tenaga manusia. Dengan teknologi conveyor pemindahan barang dapat dilakukan bahkan untuk bobot dan ukuran barang yang besar sekalipun. Sehingga tidak perlu memakan banyak tenaga dari manusia untuk melakukan aktivitas tersebut.

Menjaga Kualitas Produk

Bahan-bahan mentah yang akan diproduksi dapat dikondisikan agar perpindahannya tidak mengurangi kualitas bahan. Fleksibilitas dari mesin conveyor diatur demi menjaga kualitas produk. Otomatisasi menggunakan mesin juga dapat mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan atau cacat pada produk.

Menjaga Kebersihan dan Keamanan Kerja

Penggunaan mesin dalam pemindahan barang dapat mengurangi kontak langsung antara manusia dan produk. Bahan mentah atau produk yang memiliki bahan kimia yang membahayakan manusia dapat dipindahkan dengan mesin ini. Sehingga keamanan dari karyawan juga dapat lebih diperhatikan.

Mengurangi Biaya

Otomatisasi aktivitas pemindahan barang dengan mesin akan memangkas biaya operasional yang sebelumnya digunakan untuk membayar jasa karyawan. Biaya operasional hanya perlu dialokasikan untuk teknisi dan perawatan mesin. Selain itu proses pemindahan barang juga menjadi lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.

Mengurangi Risiko Kecelakaan Kerja

Pemindahan barang dengan ukuran besar dan bobot berat berkemungkinan untuk membahayakan karyawan. Belum lagi barang dengan material yang membahayakan manusia. Berkat mesin conveyor, karyawan dapat melakukan pekerjaannya tanpa terkena risiko yang dapat melukai mereka.

Pembuatan Mesin Conveyor Untuk Efisiensi & Produktifitas

Mesin conveyor dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tempat penggunaannya. Seperti ukuran, panjang, lebar, dan tinggi conveyor, begitu juga kecepatan dan daya motor yang dibutuhkan. Mesin ini juga dapat ditambahkan dengan berbagai macam fitur, seperti penghalang pengaman, sensor, dan alat pemindah posisi barang. Penambahan fitur ini berguna untuk memudahkan proses pengoperasiannya.

Pada prosesnya, pembuatan conveyor melibatkan berbagai spare part, utamanya adalah besi dan baja yang akan ditekuk dan dibentuk menggunakan alat khusus. Beberapa spare part pembuatan conveyor dapat dipenuhi dari dalam negeri, namun masih banyak juga perusahaan fabrikasi conveyor yang memesan dari luar negeri seperti China melalui importir barang China.

Mesin conveyor menjadi investasi luar biasa yang membantu perusahaan atau industri untuk berproduksi dengan menghemat biaya dan waktu serta meningkatkan produktivitas proses produksi.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.