Verb (Kata Kerja) Pengertian, Contoh dan Cara Penggunaannya

√ Verb (Kata Kerja) Pengertian, Contoh dan Cara Penggunaannya, Lapangan Kerja Lulusan Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Verb bahasa Inggris menjadi satu hal yang penting untuk dipahami. Sebab, verb merupakan kata kerja yang akan selalu hadir dalam setiap kalimat. Mulai dari saat memperkenalkan diri hingga melakukan banyak percakapan setiap hari.

Contoh verb yang baik juga digunakan dalam dunia kerja. Apalagi bahasa Inggris terbilang sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Sehingga Anda perlu membekali diri dengan kemampuan berbahasa Inggris.

Kamus bahasa Inggris lengkap dengan verb bisa jadi alat bantu selama belajar. Dari sana Anda akan lebih mudah memahami bentuk verb. Lalu perubahan yang terjadi pada verb karena faktor perbedaan waktu.

Definisi Verb Bahasa Inggris

Pengertian verb dalam bahasa Inggris sama seperti kata kerja dalam bahasa Indonesia. Verb merupakan kata yang mendefinisikan aksi, tindakan, kondisi, maupun pengalaman atas sesuatu. Kata ini menunjukkan aktivitas dari subjek.

Belajar bahasa Inggris verb dalam setiap kalimat menjadi bagian terpenting. Sebab, verb tak hanya muncul dalam setiap kalimat tapi juga dengan bentuk yang sedikit unik. Bahkan keunikan ini membuat Anda perlu belajar lebih.

Misalnya saja terdapat verb dalam suatu kalimat. Verb tersebut tidak selalu menunjukkan sebuah aksi. Namun, verb tersebut bisa menunjukkan sebuah kondisi tertentu. Oleh karena itu, belajar bahasa Inggris verb 1 2 3 juga perlu.

Dalam suatu kalimat, verb juga bisa menunjukkan seseorang sedang mengerjakan sesuatu. Hal ini dilakukan dengan penggunaan verb ing. Ada juga penggunaan verb lain sesuai dengan situasi waktu yang ingin menjelaskan subjek dari kalimat.

Contoh Verb Bahasa Inggris

Verb bahasa Inggris telah digunakan di berbagai negara. Sehingga hampir setiap orang membutuhkan dirinya untuk mampu menguasai bahasa Inggris. Contoh kata kerja atau verb dalam bahasa Inggris bisa dilihat sebagai berikut ini.

1. Verb mendeskripsikan sebuah aksi

Verb mendeskripsikan sebuah aksi berarti verb menerangkan bahwa subjek dalam kalimat sedang melakukan sebuah aksi. Contohnya; She plays in the backyard with her sister.

2. Verb mendeskripsikan sebuah kondisi

Verb mendeskripsikan sebuah kondisi berarti verb menerangkan bahwa subjek dalam kalimat sedang mengalami kondisi tertentu. Contohnya; He feels empty.

3. Verb mendeskripsikan sebuah tindakan

Verb mendeskripsikan sebuah tindakan berarti verb menerangkan bahwa subjek dalam kalimat melakukan sebuah tindakan. Contohnya; Wonu screamed when his mother surprises him.

4. Verb mendeskripsikan sebuah pengalaman

Verb mendeskripsikan sebuah pengalaman berarti verb menerangkan bahwa subjek dalam kalimat sedang mengalami sesuatu. Contohnya; I lost my handphone yesterday.

Cara Menggunakan Verb Bahasa Inggris

Cara Menggunakan Verb Bahasa Inggris

Verb bahasa Inggris bisa digunakan dalam berbagai jenis yang bisa Anda pelajari. Mulai dari base verb, regular verb, irregular verb, transitive verb, hingga intransitive verb. Pelajaran mengenai verb ini dikenal juga sebagai grammar.

Contoh verb berdasarkan grammar diidentifikasi dari perbedaan waktu. Yaitu, waktu sekarang atau saat ini, waktu masa lalu atau lampau, dan waktu masa depan atau yang akan datang. Setiap perbedaan waktu ini memberi bentuk verb berbeda.

1. Jenis-Jenis Verb

Base verb

Base verb atau main verb dikenal sebagai kata kerja dasar sehingga tidak mempunyai tambahan pada akhirannya. Base verb juga disebut root verb karena verb merupakan akar atau dasar dari kata kerja tersebut. Contohnya; play, run, go.

Regular verb

Regular verb merupakan sebuah kata kerja beraturan. Kamus bahasa Inggris lengkap dengan verb banyak memuat jenis verb ini. Regular verb dapat berubah bentuk secara teratur sesuai kalimat. Contohnya; played, cooked, called, accepted.

Irregular verb

Irregular verb merupakan sebuah kata kerja tidak beraturan. Jenis verb ini kebalikan dari regular verb yang berubah teratur. Irregular verb berubah bentuk sesuai penggunaan. Contohnya; come (verb 1) – came (verb 2) – come (verb 3).

Transitive verb

Transitive verb merupakan bentuk verb yang membutuhkan satu atau lebih objek yang mampu menjelaskan satu kalimat dengan masuk akal. Sehingga jenis verb ini harus digunakan bersama dengan objek atau benda lain dalam kalimat.

Intransitive verb

Intransitive verb kebalikan dari transitive verb. Jenis verb ini tidak memerlukan objek untuk membentuk kalimat. Artinya, verb sudah memiliki pengertian yang lengkap sebagaimana pengertian verb dalam bahasa Inggris. Contohnya; live.

2. Bentuk Verb

Verb 1 (Present)

Belajar bahasa Inggris verb 1 2 3 diawali dari verb 1 yang berarti present atau sekarang. Verb ini digunakan dalam kalimat simple present tense dengan kata kerja bentuk asal. Contohnya; She watches TV.

Verb 2 (Past)

Belajar bahasa Inggris verb 2 yakni bentuk past atau masa lalu. Bentuk verb ini digunakan dalam kalimat simple past tense. Berarti kalimat menunjukkan sesuatu yang telah dikerjakan sudah lewat. Contohnya; I called him yesterday.

Verb 3 (Past Participle)

Verb 3 dan verb 2 tergolong mirip tetapi penggunaannya berbeda. Verb 3 diaplikasikan pada kalimat perfect tense dan passive voice. Contohnya; Book taken by me.

Verb Ing (Continuous)

Verb ing merupakan bentuk verb dengan akhiran ing. Bentuk verb ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang berlangsung saat ini. Penggunaannya diawali juga oleh auxiliary verb atau kata kerja bantu.

Verb bahasa Inggris juga dapat dipelajari lebih lengkap melalui Cakap. Di Cakap, ada banyak contoh verb sehingga Anda menjadi lebih paham dan menguasai bahasa Inggris. Lihat contoh verb bahasa Inggris di sini.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.