Wajib Tahu! 9 Tips Hemat Sewa Apartemen Bulanan

Tips Sewa Apartemen Bulanan Agar Hemat

Bagi Anda yang sedang mencari apartemen di kawasan urban, menyewa apartemen secara bulanan bisa menjadi opsi terbaik. Anda bisa memperoleh keuntungan, seperti lebih nyaman dan praktis, fleksibel, cocok untuk Anda yang sering berpindah tempat, dan Anda juga bisa mengubah masa sewanya menjadi tahunan.

Untuk mendapatkan apartemen ideal sewa bulanan, Anda perlu memperhatikan tips sewa apartemen bulanan untuk menghindari tarif yang tinggi dalam menentukan pilihan apartemen. Berikut ini adalah tips hemat sewa apartemen bulanan tanpa melupakan kualitas hunian.

Tips Sewa Apartemen Bulanan Agar Hemat

Tips Sewa Apartemen Bulanan Agar Hemat

1. Riset Intensif

Step pertama yang harus Anda lakukan adalah riset berbagai jenis apartemen di lokasi yang dekat dengan tempat Anda akan melakukan aktivitas. Kalau bisa, pilihlah letak apartemen yang tidak terlalu berada di pusat kota karena biasanya tarif sewanya mahal. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kemudahan akses.

Fasilitas apartemen untuk menunjang aktivitas sehari-hari juga bisa perlu Anda perhitungkan. Misalnya, gym center dan ruang terbuka hijau. Hitunglah apakah fasilitas dan kemudahan yang diberikan sudah setara dengan biaya yang Anda keluarkan.

Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Pilihlah apartemen yang bebas banjir dan keamanannya terjamin. Hindari memilih apartemen yang sering dikunjungi oleh orang luar yang bukan penghuni. Anda bisa menanyakan tentang kondisi ini ke beberapa orang sekitar yang tinggal di kawasan tersebut.

Jika Anda ingin riset apartemen di situs yang terpercaya dan terlengkap penyajian informasinya, Anda bisa mengunjungi Jendela360. Di situs tersebut terdapat 8000 pilihan unit dan penawaran terbaik hanya untuk Anda. Gunakan teknologi yang disediakan di situs tersebut, Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk survei langsung apartemen, namun cukup kunjungi saja situs tersebut.

Di Jendela360 juga terdapat ulasan dari penyewa sehingga bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam memilih unit yang paling cocok.

2. Sesuaikan dengan Budget dan Kebutuhan

Saat ini sudah banyak apartemen bertarif 1 juta per bulan yang fasilitasnya sudah lengkap. Hal itu tentu menjadi opsi yang menarik untuk Anda.

Anda pun bisa memilih unit yang tidak full furnish atau tipe studio. Anda bisa mensiasatinya dengan membeli perlengkapan secara bertahap agar pengeluaran tidak terasa.

Anda bisa memilih furnitur di pusat perbelanjaan yang sedang menawarkan diskon atau furnitur pre-loved yang kualitasnya masih bagus. Pilihlah furnitur yang multifungsi agar lebih praktis dan hemat, misalnya bed sofa dan tempat tidur dengan laci.

Selain opsi diatas, Anda juga bisa menyesuaikan kriteria apartemen yang ingin Anda huni dengan skala prioritas kebutuhan Anda.

3. Akses Mudah

Harga sewa apartemen bulanan yang murah bukan berarti bisa serta merta menghemat pengeluaran. Anda perlu memperhitungkan seluruh kebutuhan lainnya, seperti biaya transportasi.

Pilihlah apartemen yang akses transportasinya mudah agar Anda tidak perlu menggunakan pribadi yang biayanya lebih mahal. Selain berhemat karena Anda tidak perlu membayar biaya bahan bakar, perawatan, dan parkir, langkah tersebut juga turut berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon.

Selain itu, apartemen yang Anda pilih juga harus dekat dengan fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, restoran, dan lainnya agar tidak mengeluarkan biaya transportasi yang lebih mahal.

4. Mencari Waktu yang Tepat

Tips sewa apartemen bulanan selanjutnya yang penting untuk Anda ingat adalah mencari waktu yang tepat. Biasanya ada waktu tertentu dimana banyak orang akan menyewa apartemen sehingga membuat tarif sewanya meningkat. Misalnya saat hari-hari besar dan selesai lebaran.

Namun, banyak juga orang yang sudah mengetahui hal ini sehingga Anda perlu sigap dalam memperhitungkan waktu yang lebih ideal.

5. Pilih Apartemen yang Baru Dibangun

Tips ini bisa menguntungkan bagi Anda jika memilih apartemen yang baru dibangun karena biasanya banyak promo atau penawaran terbaik untuk beberapa unit apartemen. Pengembang biasanya menerapkan strategi tersebut untuk menggaet minat para konsumen. Seiring berjalannya waktu, biasanya tarif akan kembali normal dan promonya tidak sebesar saat baru dibangun.

6. Menawarkan Banyak keuntungan

Banyak apartemen yang mewajibkan penyewa untuk membayar biaya-biaya diluar sewa, seperti biaya listrik, air, dan perawatan.

Agar lebih hemat, Anda bisa memilih apartemen yang sudah all in one atau mencakup keseluruhan biaya. Hal tersebut akan lebih praktis dan membuat Anda lebih tenang.

7. Pilih Unit di Lantai Tengah

Unit apartemen yang dekat dengan pintu masuk maupun yang berada di lantai atas yang menyuguhkan pemandangan indah dari balkon biasanya tarif sewanya lebih tinggi.

Oleh karena itu, memilih unit yang di lantai tengah merupakan opsi terbaik bagi Anda untuk menghemat biaya pengeluaran.

8. Gaya Hidup Hemat

Gaya hidup hemat dalam menyewa apartemen bulanan bisa dimulai dari mengajak teman untuk tinggal bersama. Dengan sharing apartemen, Anda bisa sharing cost bersama teman Anda.

Jangan lupa untuk melibatkan teman Anda saat menentukan unit apartemen, pertimbangkan opininya.

Anda juga perlu menerapkan gaya hidup hemat yang lainnya, seperti hemat listrik, memasak, mencuci pakaian sendiri, dan lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan.

Dan yang terpenting, Anda harus membuat perencanaan pengeluaran yang baiksecara rutin. Misalnya dengan menerapkan prinsip 50% untuk pengeluaran kebutuhan pokok, seperti biaya sewa apartemen, biaya makan, listrik, cicilan bulanan, dan lainnya. 30% dari pemasukan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan 20% ditabung dan disisihkan untuk dana darurat. Pastika untuk selalu track pengeluaran Anda agar sesuai dengan perencanaan.

Nah, itu dia tips sewa apartemen bulanan untuk meminimalisir pengeluaran Anda. Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa mengalokasikan biaya untuk kebutuhan lain yang lebih utama.

Yang terpenting adalah Anda hidup di lingkungan yang nyaman dan menerapkan gaya hidup hemat.

You May Also Like

About the Author: admin