4 Cara Pakai Jarum Keras (Turnbuckle) yang Benar

Cara Pakai Turnbuckle

Jarum keras atau turnbuckle mungkin agak asing bagi sebagian orang, padahal jarum keras ini sangat bermanfaat. Daripada bingung apa itu jarum keras, apa manfaatnya, dan dimana yang jual jarum keras, baca artikel ini sampai habis ya!

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jarum keras, Anda perlu tahu dulu nih apa itu sebenarnya jarum keras.

Apa itu Jarum Keras

Jarum keras atau turnbuckle, ada juga yang menyebutnya spanskrup, merupakan alat yang digunakan dalam mengatur ketegangan sling. Sling yang dimaksud dapat berupa chain sling, wire rope sling, atau rope sling, maupun alat-alat lainnya yang membutuhkan pengaturan ketegangan.

Sebagai gambaran, bentuk alat ini memiliki mata di ujung kanan dan kirinya yang berfungsi untuk mengaitkan benda yang tegangannya akan diatur. Pada bagian pangkal kedua tersebut juga terdapat ulir.

Adapun ulir tersebut digunakan untuk mengatur panjang atau pendeknya span skrup guna mengatur ketegangan. Cara yang dilakukan biasanya dengan memutar bagian mata span skrup masuk atau keluar secara bersama-sama.

Cara Pakai Turnbuckle

Cara Pakai Turnbuckle

Ada beberapa jenis jarum keras yang perlu Anda ketahui, dimana perbedaan masing-masing jenis terletak pada ujungnya. Diantara beberapa jenis jarum keras tersebut dan bagaimana cara memakainya dengan benar adalah sebagai berikut:

1. Turnbuckle (Jarum Keras) Eye to Eye

Jenis span skrup ini memiliki bentuk ujung seperti yang ada pada mata jarum jahit namun dengan ukuran yang lebih besar. Bentuk eye to eye ini dibuat dengan maksud agar shackle bisa terikat langsung ke kedua ujungnya.

Anda bisa menggunakan span skrup ini dengan cara mengaitkan sebuah tali dengan ujung berbentuk shackle pada masing-masing ujung jarum keras. Pastikan shackle terkait dengan kuat dan benar pada turnbuckle.

2. Turnbuckle (Jarum Keras) Hook to Hook

Span skrup jenis ini biasanya digunakan pada aplikasi guy wire. Alat ini biasanya dipakai karena dapat dikencangkan dengan mudah sehingga ukuran sling dapat bertambah panjang.

Akan tetapi, pemakaian jenis jarum keras ini lebih memiliki risiko karena jumlah kait pada pengaman yang dipakainya terbilang sedikit. Saat dalam proses pengangkatan, sling harus berada pada kondisi tegang, karena jika sling dalam posisi renggang dapat membuat sambungannya terlepas.

3. Turnbuckle (Jarum Keras) Jaw to Jaw

Span skrip jenis jaw to jaw memiliki bentuk yang menyerupai huruf “U” atau berbentuk seperti rahang dengan sebuah pin di setiap ujungnya.

Turnbuckle jaw to jaw bisa dipakai dengan cara yang beragam, contohnya dapat disambungkan langsung dengan sling. Selain itu, cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menghubungkan pada rahang yang tersemat lainnya pada beban atau pada perangkat yang lain.

4. Turnbuckle (Jarum Keras) Eye to Hook

Salah satu jenis span skrup yang berbentuk mata pada satu bagian ujung, dan pada bagian lainnya terdapat pengait. Karena bentuk ujung yang berbeda memungkinkan alat ini lebih fleksibel digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Jarum Keras Lengkap di Mega Jaya

Anda bingung kemana harus mencari yang jual jarum keras? Kini tidak perlu bingung lagi karena Anda bisa mendapatkan jarum keras yang lengkap baik jenis dan ukurannya di Mega jaya.

Ada banyak sekali produk jarum keras yang bisa Anda temukan di Megajaya, ada banyak ukuran jarum keras mulai dari jarum keras m10, jarum keras m12, atau jarum keras m16 hingga m20.

Tidak perlu khawatir, karena Megajaya memastikan Anda akan mendapatkan kualitas barang terbaik dengan harga jarum keras yang terjangkau sesuai dengan ukuran jarum keras.

Informasi lengkap tentang jenis jarum keras yang tersedia dan harga jarum keras m10 hingga ukuran lainnya bisa anda dapatkan melalui megajaya.com, situs resmi megajaya yang akan memberikan informasi mutakhir tentang jarum keras yang Anda butuhkan.

Megajaya merupakan distributor alat rigging termasuk jarum keras terlengkap dengan berbagai macam dan ukurannya serta dengan bahan material yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Megajaya menyiapkan produk spanskrup yang original, bersertifikat, serta aman yang tersedia dari berbagai merk. Megajaya juga siap memberikan pelayanan konsultasi tentang span skrup untuk membantu Anda menemukan barang yang Anda butuhkan.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.