Macam-macam Alat Pelindung Diri (APD) dan Fungsinya

Kita tentu sudah sering melihat para pekerja konstruksi menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika menjalankan tugasnya. Tapi tidak jarang yang belum mengetahui toko alat safety terlengkap dengan kualitas terbaik yang bisa dijadikan andalan ketika akan …

Alat Pelindung Diri

Kita tentu sudah sering melihat para pekerja konstruksi menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika menjalankan tugasnya. Tapi tidak jarang yang belum mengetahui toko alat safety terlengkap dengan kualitas terbaik yang bisa dijadikan andalan ketika akan berbelanja kebutuhan APD nya.

Alat Pelindung Diri (APD) sudah sewajarnya dikenakan secara totalitas untuk menghindari kecelakaan kerja yang mungkin saja terjadi ketika berada di tempat kerja. Sayangnya masih banyak proyek yang sering mengabaikan salah satu faktor untuk menjamin keselamatan pekerjanya ini.

Banyak faktor yang mungkin menjadi penyebab dari abainya para stakeholder akan keselamatan dari pekerjanya. Salah satu penyebabnya, bisa jadi karena mereka tidak mengetahui toko alat safety terlengkap yang bisa didatangi untuk memenuhi kebutuhan APD pekerjanya.

Untuk menghemat bujet dalam pembelian APD, biasanya perusahaan membelinya langsung ke distributor alat safety dalam jumlah besar. Salah satu distributor alat safety yang bisa kamu datangi untuk mendapatkan APD yang kamu butuhkan yaitu safetyindonesiajaya.com.

Safety Indonesia Jaya yang merupakan distributor APD terlengkap di Glodok ini sudah melebarkan sayapnya hingga ke Papua, Kalimantan, Medan, dan beberapa tempat lainnya. Distributor APD terlengkap ini tidak hanya melayani pemesanan untuk kebutuhan proyek saja.

Para penggiat olahraga ekstrem yang membutuhkan APD pun juga sudah sering dilayaninya. Salah satu cabang olahraga ekstrem yang sudah sering menjadi pelanggannya yaitu para pecinta rock climbing. Seni olahraga yang akrab akan ketinggian ini sudah pasti membutuhkan APD.

Untuk jenis APD yang digunakan dalam panjat tebing yaitu body harness, tali karmantel, ascender, descender, webbing, dan piton. Itu hanya sebagian dari sekian banyak macam APD yang tersedia di toko ini. Toko ini akan memberikan kualitas terbaik dengan harga bersaing dalam pelayanannya.

Kamu juga tidak perlu meragukan Safety Indonesia Jaya, karena perusahaan ini sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Track record nya yang sudah terkenal memberikan pelayanan terbaik dapat kamu jadikan acuan dalam memilihnya menjadi toko APD kepercayaanmu.

Pada laman website Safety Indonesia Jaya kamu akan menemukan beberapa menu yang mengulas tentang perusahaan tersebut. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan setelah membaca ulasan yang ada, kamu bisa menanyakannya kepada CS dengan cara klik ikon WhatsApp di pojok kanan bawah.

Macam-macam Alat Pelindung Diri dan Fungsinya

Alat Pelindung Diri

Kamu perlu mengetahui macam-macam APD dan fungsinya agar kelak ketika ingin membelinya bisa memesan sesuai kebutuhanmu. Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Kotak Obat P3K

Kotak yang berisi perlengkapan pertama pada kecelakaan ini berfungsi untuk meringankan cedera pada tahap awal. Sebelum akhirnya diberikan tindakan lanjut yang lebih serius dalam penanganannya. Dengan adanya tindakan P3K kamu bisa meminimalisir efek cedera yang ada.

Kotak P3K ini tersedia dalam tiga tipe yaitu kotak obat MC15 Maspion Type A, Type B, dan Type C. P3K Type A ditujukan untuk 25 orang, Type B untuk 50 orang, dan Type C untuk 75 orang. Selain itu toko ini juga menjual Kotak Obat MK11 Maspion Type A dan Type C.

2. Climbing Safety

Perlengkapan APD untuk panjat tebing ini berfungsi untuk melindungimu selama melakukan aktivitas olahraga tersebut. Untuk climbing safety, toko ini menjual safety climbing MSA dan safety climbing PETZL.

Yang mana safety climbing MSA menyediakan body harness climbing MSA. Sedangkan Safety Climbing Petzl yang tersedia yaitu Astro Bod Fast International, Astro Bod Fast European, Petzl Volt International, dan Helm Petzl Vertex Vent.

3. Safety Helmet

APD yang satu ini paling sering digunakan di proyek. Fungsinya yang cukup penting untuk melindungi kepala agar tidak terkena material ataupun peralatan proyek ini menjadi perhatian utama bagi pemilik proyek.

Salah satu organ tubuh yang paling vital ini memang harus dilindungi dengan baik meskipun sebagian orang merasa tidak nyaman ketika mengenakannya. Pekerjaan lapangan yang membutuhkan kenyamanan dan keleluasaan ini akan sedikit terbatasi ketika mengenakan helm.

4. Sarung Tangan Safety

Sarung tangan ini berfungsi untuk membantu melindungi tangan dari paparan material ataupun benda-benda lainnya di proyek. Untuk material dan bentuk dari sarung tangan ini akan berbeda-beda karena menyesuaiakan pekerjaan yang akan dilakukan oleh si pengguna.

5. Kacamata Safety

Kacamata akan melindungi mata ketika melakukan aktivitas selama di proyek. Jenis kacamata ini pun bermacam-macam sesuai penggunaannya masing-masing. Ada kaca mata untuk mengelas, kacamata untuk melindungi dari cahaya matahari dan debu, dll.

6. Road Markings

Road markings akan membantu lalu lintas di sekitar proyek untuk memberikan penanda mengenai adanya kegiatan konstruksi yang sedang dilaksanakan. Sehingga dapat meminimalisir kecelakaan proyek yang mungkin terjadi.

7. Multi Gas Detector

Multi gas detector ini berfungsi untuk mendeteksi hal-hal terkait gas, baik itu tentang kuantitas oksigen, gas yang mengandung racun, maupun gas yang berpotensi menimbulkan api. Yang dijual di toko ini yaitu gas alert microclip XL dan multigas portable gas detector MSA.

8. Raincoats

Raincoats atau jas hujan yang biasa dikenakan ketika kehujanan ini juga merupakan salah satu dari Alat Pelindung Diri. APD ini mampu melindungimu dari derasnya air hujan yang bisa membuatmu jatuh sakit.

Terlihat sepele memang, tapi jas hujan ini akan sangat berharga ketika kamu kehujanan. Bagaimanapun juga ada kondisi dimana suatu pekerjaan di lapangan tidak boleh dihentikan hanya karena datangnya hujan.

9. Safety Vest

Safety vest atau yang lebih sering dikenal dengan rompi ini juga merupakan APD utama yang harus melekat pada pekerja lapangan. Rompi ini berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi antara satu pekerja dengan pekerja lain maupun tamu dari luar.

10. Emergency Eyewash

Emergency eyewash berfungsi sebagai penanganan pertama untuk mencuci mata yang terpapar zat kimia agar dapat mengurangi cidera, sebelum akhirnya dilakukan tindak lanjut berikutnya. Sebagai pertolongan pertama, bilaslah mata setidaknya selama 10-15 detik.

11. Ear Muff

Ear Muff ini berfungsi sebagai penyumbat kebisingan suaran dengan cara menutupi seluruh bagian telinga (termasuk daun telinga) yang pada bagian atasnya dikekang menggunakan head band. Alat ini memiliki kemampuan untuk meredam suara dengan kemampuan tinggi.

12. Safety Shoes

Safety shoes berfungsi untuk melindungi kaki dari berbagai kemungkinan kecelakaan kerja yang terjadi. Misalnya yaitu melindungi kaki dari material bangunan, benturan benda keras dan tajam, serta memberikan perlindungan dari paparan zat kimia berbahaya.

Itulah beberapa uraian mengenai macam-macam APD yang disediakan oleh distributor alat safety  oleh Safety Indonesia Jaya. Toko alat safety terlengkap ini masih memiliki banyak koleksi APD lainnya yang bisa kamu beli. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi CS melalui kontak WhatsApp di laman resminya yaitu safetyindonesiajaya.com.