7 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

7 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Telah memiliki pekerjaan tetap, namun gaji yang diperoleh terasa kurang? Jika itu yang terjadi, maka ini saatnya kamu memanfaatkan waktu luang untuk memulai bisnis sampingan.

Jenis usaha ini dapat menghasilkan uang tambahan yang lumayan. Bahkan jika mampu mengembangkannya dengan baik, kamu dapat menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Berikut adalah 7 ide usaha sampingan terbaik yang bisa kamu mulai.

7 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

7 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Mengawali usaha sampingan bisa dilakukan dengan investasi kecil. Ini dapat berupa suatu pekerjaan yang kamu lakukan sendiri, atau dibantu beberapa orang. Berikut deretan bisnis sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu jadikan pilihan:

1. Menjadi Blogger

Menjadi blogger termasuk jenis usaha sampingan yang tidak butuh banyak modal. Kamu cuma butuh komputer atau telepon cerdas untuk menulis konten di blog milikmu. Namun, untuk menjadi blogger yang baik, kamu harus mampu menghasilkan tulisan berkualitas.

Kamu bisa memanfaatkan platform gratisan seperti blogspot.com untuk memulai membuat blog. Jika ingin blogmu meraih banyak pengunjung, pertimbangkan membeli domain dan hosting, jangan khawatir, keduanya bisa diperoleh dengan harga murah.

Blogging sangat fleksibel. Pekerjaan ini tidak memiliki batasan waktu, kamu bisa menyesuaikan waktu bekerja, ingin sebentar atau lama. Blogging bisa jadi pilihan bisnis sampingan yang baik karena memberi kebebasan untuk bekerja dari mana saja.

2. Memulai Bisnis Memasak atau Membuat Kue

Kalau kamu sangat senang memasak atau membuat kue, ubahlah hobi ini menjadi pekerjaan sampingan. Membuka katering, menjual makanan siap santap, menerima pesanan kue kering dan dekorasi kue adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang.

Kalau kamu memutuskan untuk mengembangkan usaha ini, hubungi pusat pengembangan UMKM setempat. Mereka akan memberikan bantuan dalam perencanaan bisnis, baik berupa penyuluhan, bimbingan, maupun pinjaman modal lunak.

Bisnis makanan bisa tumbuh menjadi usaha yang besar. Apabila olahan resepmu sangat digemari orang, kamu bisa mengubah usaha sampingan ini menjadi sebuah merek dan menjadikannya bisnis franchise.

3. Berjualan Pulsa

Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan internet. Penggunaan telepon pintar untuk komunikasi dan bersosialisasi di dunia maya membuka peluang usaha sampingan berjualan voucher pulsa dan paket data.

Berjualan pulsa elektrik dapat memberikan hasil yang lumayan. Modal yang kamu perlukan untuk membuka usaha ini juga tidak banyak, hanya sekitar Rp1 juta hingga Rp 3juta.

Penggunaannya juga mudah karena hanya tinggal mengaktifkannya melalui ponsel. Lebih gampang lagi jika kamu menggunakan aplikasi Qasir. Cukup isi saldo Qasir untuk aneka transaksi PPOB, setelah itu kamu bisa mulai memanfaatkannya untuk jualan.

4. Membuka Jasa Pencucian Sepeda Motor

Sepeda motor sepertinya telah menjadi kendaraan wajib ada di setiap rumah tangga. Fenomena ini dapat membuka peluang untuk menambah isi dompet kamu. Membuka jasa pencucian sepeda motor bisa jadi usaha sampingan yang menguntungkan.

Ini adalah layanan yang masih dibutuhkan banyak orang, jadi pasti menguntungkan. Enaknya lagi, kamu tidak perlu mengalokasikan banyak dana untuk membangun jasa pencucian sepeda motor.

Untuk membuat usaha jasa cuci motor, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat, membeli peralatan, dan membayar seorang tenaga kerja. Jika lahan tempat tinggal cukup luas, maka manfaatkan saja, jadi tidak perlu menyewa tempat.

5. Menjadi Pengajar Online

Apabila kamu memiliki keahlian dan tertarik untuk mengajar, maka menjadi pengajar online bisa jadi usaha sampingan yang menghasilkan. Jika jam kerja kantormu sampai sore, kamu bisa membuka kelas mengajar di malam hari atau saat libur akhir pekan.

Menjadi pengajar online tidak selalu harus terkait dengan mata pelajaran sekolah. Kamu bisa membuka kelas apa saja sesuai dengan keahlian, misalnya bahasa, pelatihan komputer, pelatihan bisnis, hingga kelas memasak.

Kamu bisa mengembangkan usaha ini dengan mempekerjakan beberapa pelatih lain, baik yang memiliki keahlian sama atau tidak sama. Dengan sedikit investasi untuk kegiatan promosi, usaha sampingan ini dapat menjadi sangat menguntungkan.

6. Fotografer Lepas

Usaha sampingan sebagai fotografer lepas sangat cocok dijalankan jika kamu menggemari dunia fotografi dan mampu menghasilkan gambar yang bagus. Kamu bisa menjual hasil karya melalui situs penjualan foto di internet.

Ada banyak situs penjualan foto yang bisa kamu manfaatkan, misalnya Istockphoto.com. situs ini memberikan komisi 15% untuk setiap foto yang dibeli. Ada juga ShutterStock.com yang memberikan komisi 20-30% untuk setiap hasil foto yang diunduh.

Selain menjual foto di situs, kamu juga bisa menjual jasa pemotretan untuk aneka event, seperti pernikahan atau acara kantor. Berikan layanan dan hasil foto yang terbaik agar para pengguna jasa merasa puas dan merekomendasikan usahamu kepada kenalannya.

Kamu harus memahami teknik fotografi untuk menjadi fotografer lepas yang handal. Butuh dana lumayan untuk membeli kamera yang tepat serta peralatan yang baik. Namun, jika usaha ini lancar, modalmu akan kembali dan kamu bisa menangguk untung.

7.  Menjadi Konsultan Bisnis

Sulitnya mencari kerja di masa pandemik ini mengakibatkan banyak orang yang berkeinginan membuka usaha kecil. Sayangnya, sebagai besar dari mereka belum paham mengenai seluk beluk UMKM.

Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis sampingan yang bagus, yaitu dengan menjadi konsultan bisnis lokal. Jika kamu memiliki kemampuan dan mengantongi sertifikasi dalam industri tertentu, maka coba jajal peluang ini.

Agar transaksi usahamu lancar, selalu gunakan Qasir. Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekap penjualan, omset, sampai stok hanya menggunakan ponsel atau laptop. Mudah sekali, bukan? Segera daftar dan unduh aplikasinya di perangkatmu.

Semua bisnis sampingan ini adalah pilihan bagus untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa menjalankannya dengan investasi rendah namun menghasilkan. Aturlah waktu seefektif mungkin agar tidak memengaruhi pekerjaan utamamu.

You May Also Like

About the Author: admin