Apa itu Social Media Marketing

Kenapa Social Media Marketing itu Penting?

Istilah social media marketing pastinya bukan hal asing di telinga kita, terutama bagi para pelaku bisnis. Ketika membicarakannya, maka secara otomatis juga akan membahas tentang social media management. Mari simak uraian berikut untuk mengenal social media marketing lebih dekat lagi.

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing merupakan kegiatan memasarkan suatu produk yang dilakukan secara digital dengan menggunakan platform berupa media sosial maupun website. Yang mana dalam pelaksanaannya bisa berbayar maupun gratis.

Melalui platform-platform itu, maka pembeli dan penjual dapat berinteraksi baik secara pasif maupun aktif. Aktivitas yang dilakukan dalam penjualan via social media ini meliputi menciptakan jaringan sosial, pengenalan produk, membidik pangsa pasar, mengarahkan pelanggan ke web, dll.

Kenapa Social Media Marketing itu Penting?

Kenapa Social Media Marketing itu Penting?

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, kenapa social media marketing itu penting? Penjualan via social media menjadi penting karena tujuannya yang berkaitan erat dengan social media management. Inilah alasan kenapa social media menjadi penting.

1. Brand Awareness

Brand awareness atau merupakan kesadaran merek yang mana membuat para konsumen mampu mengenali dan mengingat suatu brand secara mudah. Ketika brand awareness sudah terbangun, maka konsumen akan mencari, mengkonsumsi, dan menjadikannya sebagai produk andalannya.

2. Media Publikasi

Di dunia ini ada begitu banyak jenis produk yang diciptakan. Agar orang di seluruh penjuru dunia mengetahui keberadaannya, maka produk tersebut perlu dipublikasikan. Supaya publikasinya menjadi lebih efektif dan efisien, maka perlu menggunakan social media.

Saat mempublikasikan suatu produk, sebaiknya para pelaku bisnis juga menyisipkan informasi serta berita-berita terhangat yang relevan dengan produknya. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen kepada produk tersebut.

3. Mengenalkan Perusahaan

Selain mempublikasikan produk, penjualan via social mediajuga mampu mengenalkan tentang jati diri suatu perusahaan. Dalam prakteknya, pengenalan kualitas perusahaan sering dibarengi dengan kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukannya untuk menarik simpati konsumen dan warga sekitar.

Strategi Social Media Marketing

Untuk bisa menjalankan social media marketing dengan baik, Anda perlu menggunakan strategi yang tepat. Strategi social media marketing ini bisa dicoba untuk meningkatkan performa social media management yang selama ini Anda lakukan.

1. Periksa Media Social

Pemeriksaan media sosial ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja yang pernah dilakukan. Anda dapat memeriksanya dengan membuka bagian analitik atau wawasan. Kemudian perhatikanlah data demografis pengunjung dan setiap hal di dalamnya yang berkaitan dengan konsumen.

2. Buat Perencanaan

Setelah mengevaluasi kinerja pada masa silam, maka kini Anda sudah memiliki cukup data untuk bisa membangun bisnis yang lebih baik dari sebelumnya. Caranya yaitu dengan membuat perencanaan dan penentuan target yang ingin diraih kedepannya. Hal ini meliputi audiens, produk, dll.

3. Rencanakan Strategi Konten

Sebelum merencanakan strategi konten, Anda harus sudah menentukan platform media sosial apa saja yang akan digunakan. Penentuan platform ini akan menentukan strategi konten yang harus dibuat.

Setelah itu barulah Anda bisa menjalankan strategi konten sesuai dengan tujuan dan target market yang dibidik. Pada perencanaannya, Anda sebaiknya juga merumuskan kalender konten media sosial untuk mempermudah kegiatan marketing.

4. Pantau dan Optimalkan

Setelah semua hal di atas dilakukan, Anda tetap harus selalu memantau kinerja yang sudah dan sedang dilakukan. Apapun hasil yang diperoleh saat menjalankan strategi yang telah dibuat, Anda tetap bisa menggunakannya untuk dapat mengoptimalkannya di masa akan datang.

Jasa Desain Grafis First Page

Berdasarkan dari uraian di atas, hal yang paling dibutuhkan untuk mengoptimalkan social media marketing dan social media management yaitu sebuah jasa desain grafis. Pilihlah jasa desain grafis yang berkualitas dan terpercaya. Perhatikan pula harga dan alur kerja yang ditawarkannya.

Salah satu jasa desain grafis yang bisa Anda gunakan yaitu firstpage.id. First Page akan membantu Anda dalam mempublikasikan produk melalui layanan-layanan yang ditawarkannya. Anda tidak perlu meragukannya, karena sudah banyak klien yang memakai jasanya.

Layanan firstpage.id

Dalam pelaksanaannya, firstpage.id menawarkan beberapa bentuk pelayanan, diantaranya yaitu:

Brand Identity

Brand Identity akan memberikan pelayanan berupa pembuatan desain logo. Dimana desain logo ini akan menunjukkan identitas bisnis secara visual kepada para pelanggan dengan menjadikannya sebagai merek top of mind.

Website Design and Development

Layanan ini akan menggiring pelanggan ke laman website yang menarik. Melalui website design and development, maka produk Anda dapat dikenal dengan baik. Sehingga kesadaran target market akan keberadaan produk tersebut dapat terus meningkat.

Social Media Marketing and Management

Layanan ini akan membantu Anda dalam mengelola setiap platform yang Anda gunakan. Sehingga tujuan pemasaran akan dapat diraih secara lebih optimal.

Graphic Design

Desain grafis ini akan sangat Anda butuhkan. Pasalnya ialah yang pertama kali akan menciptakan kesan pertama saat calon pelanggan mencari informasi tentang perusahaan dan produk yang ditawarkan.

TikTok Management

Hal yang tak kalah penting pada dunia pemasaran saat ini yaitu TikTok. Dengan TikTok Management maka hal-hal berkaitan talent, video, editing, konsep, dan posting tidak perlu Anda pusingkan lagi. Pasalanya semua itu akan di handle oleh firstpage.id.

Itulah hal-hal yang perlu dipahami tentang social media marketing dan jasa desain grafis yang dapat Anda gunakan. Gunakanlah strategi yang sekiranya terjangkau untuk diaplikasikan dalam bisnis Anda.

You May Also Like

About the Author: admin