7 Macam Macam Mesin Pencari Selain Google.com

Kalau ngomongin soal mesin pencari, pasti google yang jadi pilihan utama, tapi ternyata ada banyak mesin pencari selain google loh. Pastikan baca artikel ini sampai selesai ya! Saat ini mencari suatu informasi bukanlah hal yang …

Langkah-langkah Melakukan Analisis SWOT dalam Bisnis, Tips Meningkatkan Penjualan dengan Website, Jasa Penerjemah Bahasa Jerman Tersumpah, Macam Mesin Pencari Selain Google, Manajemen Keuangan Online, Tips Memilih Web Hosting yang Cocok untuk Bisnis Anda

Kalau ngomongin soal mesin pencari, pasti google yang jadi pilihan utama, tapi ternyata ada banyak mesin pencari selain google loh. Pastikan baca artikel ini sampai selesai ya!

Saat ini mencari suatu informasi bukanlah hal yang sulit karena hampir seluruh informasi yang ingin Anda dapatkan sudah tersedia di internet melalui search engine dikenal dengan istilah search engine.

Pengertian mesin pencari atau search engine adalah suatu program komputer yang dirancang untuk menjalankan suatu pencarian file berkas yang tersimpan dalam layanan tertentu.

7 Macam Mesin Pencari Selain Google

Macam Mesin Pencari Selain Google

Google memang masih menjadi andalan karena keunggulan utama dari mesin pencari google adalah pada pencarian data atau informasi yang cepat dan mudah.

Google memiliki basis data yang sangat lengkap dan luas. Anda bahkan bisa mendapatkan informasi secara real time salah satunya melalui website AshefaNews.

AshefaNews adalah portal berita online yang menyediakan beragam berita terkini, akurat dan lengkap dengan artikel yang bermanfaat lainnya.

Meskipun google memang menjadi mesin pencari yang teratas, bukan berarti tidak ada search engine yang lain. Berikut ini adalah 10 macam macam mesin pencari selain google yang bisa Anda coba!

1. Yahoo!

Yahoo! mungkin tidak asing buat Anda karena merupakan salah satu situs pencarian tertua yang ada di internet. Tidak heran jika kehadirannya masih cukup populer untuk saat ini.

Layanan Yahoo! juga dapat bersaing dengan google melalui layanan search engine dan juga layanan email. Yahoo! akan memberikan Anda pengalaman berselancar di internet dengan tampilan yang terstruktur dari ratusan ribu situs web.

2. Bing

Bing adalah situs pencarian di bawah naungan Microsoft yang secara resmi diperkenalkan pada 28 Mei 2009. Bing menyediakan berbagai informasi baik teks, gambar, video, atau berita dalam suatu halaman.

3. DuckDuckGo

Jika Anda ingin mengutamakan privasi dan keamanan pengguna, mungkin Anda perlu mencoba search engine DuckDuckGo. Mesin pencari ini akan memastikan data Anda aman saat melakukan pencarian tanpa terdeteksi oleh pengiklan.

4. Baidu

Baidu adalah search engine yang paling populer di China. Sama halnya dengan search engine selain google lainnya, Baidu dapat mencari halaman web atau bahkan buku, peta, gambar, video dan banyak lainnya.

Anda bisa mengakses baidu melalui Baidu.com Anda bisa mengetikkan keyword tentang segala informasi yang Anda mau dan mesin pencari akan menampilkan hasilnya untuk Anda.

5. Yandex

Mesin pencari yang satu ini berasal dari perusahaan teknologi terbesar  yang ada di Rusia. Meskipun memang cukup asing untuk masyarakat Indonesia, namun Yandex sangat populer di kalangan masyarakat Rusia.

Yandex yang dibuat pada tahun 1997 kurang lebih memiliki fitur layaknya google yang dapat mengakses gambar, video, email, peta, dan penerjemah AppMetrica yang sama fungsinya layaknya Google Analytics.

6. Qwant

Masih berasal dari luar Indonesia, search engine Qwant ini berbasis di Paris, Prancis. Ketentuan privasi yang mengikuti undang-undang perlindungan privasi Eropa yang lebih ketat daripada Amerika Serikat membuat Qwant ini cukup unggul dalam perlindungan privasi penggunanya.

7. Search Encrypt

Memiliki tampilan yang minimalis mirip-mirip dengan Google, Search Encrypt sangat memperhatikan privasi dan keamanan data para penggunanya. Search engine ini hanya akan menyimpan riwayat pencarian data Anda selama 30 menit. Lebih dari masa itu, riwayat pencarian Anda akan otomatis terhapus.

Itulah penjelasan mengenai macam-macam mesin pencari selain Google yang bisa menjadi pilihan Anda. Masing-masing pencari kurang lebih memiliki fitur yang sama dimana memuat halaman yang menampilkan teks, gambar, video, beberapa diantaranya juga memiliki layanan email sendiri. Apakah Anda ingin mencoba salah satunya?