Mengenal Beasiswa Indonesia Maju

HHRMA Bali merupakan sebuah situs website yang menyediakan berbagai lowongan pekerjaan di Bali, terutama di bidang perhotelan dan pariwisata., Mengenal Beasiswa Indonesia Maju, Arti Press Release, Jenis dan Contoh

Beasiswa Indonesia Maju adalah salah satu program unggulan dari Kemendikbud. Terdapat beberapa pilihan beasiswa dari berbagai jenjang pendidikan yang dapat dipilih, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai beasiswa menarik dan kaya manfaat satu ini, mari simak pembahasan berikut hingga selesai. 

Apa itu Beasiswa Indonesia Maju?

√ 5 Cara Bisnis Online Baju untuk Pemula, Tips Melamar Kerja Via Email yang benar

Beasiswa Indonesia Maju merupakan sebuah beasiswa dari Kemendikbud yang memiliki dua jenis program. 

Jenis program pertama yaitu program beasiswa gelar. Program ini dikhususkan untuk Beasiswa Indonesia Maju S2 dan S1 baik untuk pembelajaran di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Sementara itu, yang kedua adalah program beasiswa non-gelar yang akan diberikan untuk para siswa berprestasi yang akan menempuh persiapan S1 di luar negeri. 

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pun menyebutkan bahwa program beasiswa ini telah banyak mendukung siswa berprestasi yang terhalang biaya untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih baik. 

Selain bidang pendidikan, ada beberapa jenis prestasi yang dapat diikuti para siswa untuk berpartisipasi dalam beasiswa luar negeri Indonesia Maju, mulai dari sains, teknologi, inovasi dan riset hingga seni, bahasa dan literasi, olahraga, serta kewirausahaan. 

Persyaratan Beasiswa Indonesia Maju

Sebelum mendaftar, terdapat beberapa persyaratan Beasiswa ini yang harus dipenuhi. Diantaranya yaitu menyertakan identitas diri dan transkrip nilai. 

Kemudian, syarat Beasiswa selanjutnya yaitu mengumpulkan salinan bukti prestasi yang berupa sertifikat juara lomba, salinan hasil tes bahasa Inggris resmi, dan salinan hasil kemampuan bahasa asing yang lainnya. 

Tak hanya itu, peserta juga wajib menyerahkan surat kesanggupan mengikuti program beasiswa ini lengkap dengan materai dan persetujuan orangtua. 

Persyaratan yang terakhir yaitu membuat esai tentang motivasi mendaftar Beasiswa Maju Indonesia beserta formulirnya dalam bahasa Inggris. 

Manfaat yang Didapat dari Beasiswa Indonesia Maju

Terdapat dua jenis manfaat bagi penerima Beasiswa sesuai dengan program yang diikuti. Berikut ini merupakan manfaat bagi penerima dari masing-masing program. 

Manfaat Beasiswa Program Gelar

Untuk penerima beasiswa program gelar yaitu Beasiswa Indonesia Maju S2 dan S1, maka akan mendapatkan kebebasan dana dalam berbagai hal. Mulai dari SPP, pendaftaran, tunjangan buku, transportasi, bantuan skripsi, asuransi kesehatan, hingga dana untuk hidup per bulan. 

Sangat menggiurkan, bukan? Selain dapat menimba ilmu tanpa harus mengkhawatirkan biaya, penerima juga akan ditanggung biaya hidupnya per bulan. 

Manfaat Beasiswa Program Non-gelar

Bagi penerima beasiswa program non-gelar, manfaat yang bisa didapatkan yaitu akan diberikan kesempatan menjalani kursus untuk bahasa asing dan bebas biaya untuk menjalani tes TOEFL atau IELTS serta bahasa asing yang diperlukan lainnya untuk pembelajaran. 

Selain itu, penerima juga akan menerima bebas biaya untuk tes SAT atau ACT, gratis biaya penerjemah dokumen, konselor pendidikan, biaya pendaftaran ke perguruan tinggi, dan biaya program non akademik. 

Apakah Anda juga berminat untuk menjadi penerima Beasiswa ini dan mendapatkan berbagai manfaat? 

Informasi Beasiswa dari Schoters.com

Schoters merupakan sebuah wadah dari Ruangguru yang telah membantu ribuan pelajar untuk dapat memperoleh beasiswa. 

Ada banyak sekali program Schoters yang akan membantu para siswa untuk mempersiapkan pendidikannya lebih baik, salah satunya yaitu untuk mengikuti Beasiswa Indonesia Maju. 

Dengan mendaftar dalam dalam program yang disediakan oleh Schoters.com, pelajar akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan konsultasi baik dari segi rencana, persiapan dokumen yang dibutuhkan, latihan menjawab wawancara, hingga penulisan esai.

Demikian informasi mengenai Beasiswa Indonesia Maju dan beberapa informasi detail mengenai persyaratan, manfaat, dan cara untuk bisa mendapatkannya. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.