Perbedaan Investasi dan Asuransi, Mana yang Menguntungkan?

Macam-Macam Jenis Asuransi yang Wajib Diketahui, Apa Itu Asuransi Jiwa dan Mengapa Penting untuk Memilikinya

Bagi sebagian orang, investasi dan asuransi merupakan hal yang tidak terlalu penting dalam kehidupan karena fokus pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Namun kenyataannya, jenis investasi dan asuransi merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi masa depan pemiliknya maupun keturunannya. Di antara dua hal tersebut, apa saja perbedaannya dan manakah yang lebih menguntungkan? Mari menyimak ulasannya.

Perbedaan Jenis Investasi dan Asuransi

Apa itu Investasi?

Kegiatan investasi merupakan kegiatan pengelolaan modal yang berupa uang atau aset berharga kepada barang, saham, lembaga, atau surat berharga dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari nilainya yang terus meningkat dalam kurun waktu tertentu. Tujuan tersebut dapat diwujudkan bergantung dari faktor risiko masing-masing investor.

Ada investor yang menginginkan keuntungan instan dengan risiko tinggi, dan ada pula yang sabar menunggu untuk mendapatkan keuntungan secara aman dengan risiko yang lebih rendah. Maka dari itu, cara seseorang mengelola modal untuk investasinya berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dan faktor risiko masing-masing.

Apa itu Asuransi?

Asuransi adalah perjanjian oleh dua pihak yang mana pihak tertanggung akan membayar premi atau iuran dalam jumlah tertentu demi mendapatkan kerugian tidak terduga di masa mendatang seperti kehilangan, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Pihak tertanggung merupakan pihak yang akan mendapatkan ganti rugi atas risiko finansial maupun jiwa, sementara pihak penanggung adalah perusahaan asuransi yang telah menyepakati perjanjian tersebut dan akan membayarkan kerugian sesuai dengan akad tertulis oleh kedua belah pihak.

Baca juga : Butuh Pinjaman Cepat? Inafina Siap Bantu Kurang dari 6 Jam Pasti Cair

Perbedaan Investasi dan Asuransi

Perbedaan Investasi dan Asuransi, Mana yang Menguntungkan?

Ada beberapa perbedaan mendasar antara investasi dan asuransi. Perbedaan pertama yaitu tujuan keuangannya. Pada investasi dana atau uang yang disetorkan pada waktu tertentu bergantung pada individu masing-masing dan memiliki tujuan untuk  mengembangkan uang atau aset yang dimiliki baik berupa komisi, bagi hasil, dan lain sebagainya.

Sementara itu, dana yang disetorkan sebagai pemenuhan asuransi memiliki periode pembayaran sesuai dengan akad, seperti satu bulan sekali atau beberapa minggu sekali dengan tujuan untuk melindungi diri, barang, maupun aset yang memiliki faktor risiko. Dana yang telah disetor tersebut akan dapat digunakan saat terjadi faktor risiko yang tak terduga dengan cara melakukan klaim asuransi.

Perbedaan selanjutnya yaitu tingkat risiko. Dalam pelaksanaan asuransi, risiko yang ada telah tertulis pasti dalam perjanjian. Contohnya dalam hal asuransi kendaraan, saat kendaraan mengalami faktor risiko, maka dana yang disetor dapat diklaim dan digunakan. Namun, kapan terjadinya faktor risiko tersebut masih belum diketahui.

Sementara itu, tingkat risiko investasi bergantung pada faktor risiko masing-masing investor. Apabila investor memiliki faktor risiko konservatif, maka investor tersebut hanya akan mendapatkan keuntungan yang kecil dalam jangka waktu lama. Jika investor memiliki faktor risiko tipe agresif, maka resiko akan meningkat karena keuntungan yang mungkin didapatkan juga akan meningkat.

Untuk menentukan manakah yang lebih penting, merupakan pilihan dari masing-masing individu karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Keduanya merupakan hal penting yang baik untuk dipenuhi karena akan berdampak besar untuk keuangan di masa mendatang.

Produk Asuransi dan Jenis Investasi PFI Mega Life Insurance

Ada beberapa produk yang ditawarkan oleh PFI Mega Life Insurance yang dapat melindungi uang, aset, maupun jiwa dan keluarga. Selain itu, PFI Mega Life Insurance juga menyediakan produk asuransi yang dapat dipadukan dengan produk investasi.

Produk perlindungan keluarga yang diberikan ada berbagai jenis dimulai dari Asuransi Jiwa Kredit, Asuransi Mega Warisan, Mega Protection Care, dan lain sebagainya yang dapat memberikan penggantian kerugian apabila pihak tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan.

Kebutuhan investasi juga dapat dipenuhi dengan produk PFI Mega Life Insurance yang lain.Produk investasi yang diberikan oleh PFI Mega Life Insurance yaitu Mega Signature Link, Mega Prima Link, dan Mega Investa Link. Produk investasi yang diberikan memungkinkan Anda untuk melakukan investasi sekaligus perlindungan sebagai persiapan kebutuhan finansial di masa depan.

Selain produk perlindungan keluarga dan produk kebutuhan investasi, terdapat juga kebutuhan syariah yang didesain khusus untuk memberi perlindungan secara syariah yang sesuai dengan aturan dalam agama Islam. Produk Mega Amanah Link memberikan manfaat untuk memberikan warisan sesuai dengan ketentuan.

Sekian pembahasan mengenai jenis investasi dan asuransi, Anda dapat memulai untuk mewujudkan hal tersebut dengan menghubungi pihak PFI Mega Life Insurance dan melakukan konsultasi untuk mendapatkan solusi profesional masalah keuangan Anda.

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.