Prospek Kerja Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Lapangan Kerja Lulusan Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Jurusan Komputerisasi Akuntansi saat ini semakin banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru. Salah satu alasannya karena jurusan ini juga semakin banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan.

Ya, bisa dibilang, jurusan Komputerisasi Akuntansi adalah salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, saat ini kita hidup di era di digital. Yang artinya banyak aspek kehidupan mulai dikomputerisasi.

Mengenal Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Sedikit informasi bagi teman-teman yang belum mengetahui tentang jurusan ini. Komputerisasi Akuntansi ini lahir dari kemajuan inovasi bidang teknologi dan keuangan,

Tidak hanya piawai mengoperasikan komputer, tapi juga mampu menganalisa hingga membuat sebuah software keuangan sederhana untuk perusahaan. Perangkat lunak yang biasanya digunakan antara lain Zahir, Microsoft Excel, MYOB dan aplikasi lain serupa.

Dengan memiliki kompetensi pada bidang keuangan dan TIK, maka akan membuat para lulusannya memiliki kemampuan yang sangat dapat diunggulkan. Karena seperti yang kita ketahui, keduanya adalah modal penting untuk banyak bisnis di sata ini

Ingin tahu bagaimana prospek kerja lulusan Komputerisasi Akuntansi? Yuk cek penjelasan di bawah ini, ya.

Lapangan Kerja Lulusan Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Lapangan Kerja Lulusan Jurusan Komputerisasi Akuntansi

1. System analyst

Seperti namanya, seorang System Analyst ini akan diminta untuk menganalisa permasalahan perusahaan hingga para user.

2. Private accountant

Akuntan privat atau akuntan intern adalah orang yang bekerja sebagai akuntan khusus untuk satu perusahaan tertentu saja.

3. Accounting clerk

Belum pernah mendengar istilah ini? Accounting clerk adalah istilah lain untuk orang yang bertanggungjawab terhadap pembukuan keuangan perusahaan. Mulai dari utang piutang hingga suku bunga, adalah tanggung jawab seorang Accounting clerk.

4. Accounting receptionist

Pekerjaan Accounting receptionist ini biasanya bertugas untuk menjawab panggilan telepon hingga membuat jadwal temu antara pihak kantor dengan klien. Jangan salah, posisi ini umumnya bekerja di kantor keuangan.

5. Financial clerk

Mungkin, Financial clerk ini terlihat sedikit mirip dengan Accounting clerk, tapi tetap saja ada bedanya. Tugas Financial clerk adalah membuat pencatatan terhadap laporan keuangan perusahaan, laporan pajak, laporan anggaran hingga membuat kelengkapan transaksi.

6. Technopreneur

Prospek untuk lulusan jurusan Komputerisasi Akuntansi selanjutnya adalah Technopreneur. Namun, pada dasarnya sebutan ini memang melekat dengan alumni jurusan tersebut.

Hal ini dikarenakan kegiatannya banyak berkaitan dengan pembuatan software atau aplikasi keuangan.

7. Konsultan pajak

Karir lain yang mungkin bisa dicoba adalah menjadi seorang Konsultan pajak. Bisa dibilang, ini adalah salah satu posisi di perusahaan yang cukup krusial, mengingat tugasnya adalah menyelesaikan semua masalah perpajakan perusahaan.

8. Accounting manager

Pekerjaan lain untuk jurusan Komputerisasi Akuntansi adalah menjadi seorang Accounting manager. Tentu saja teman-teman tahu, jika ini adalah salah satu pekerjaan yang ada di setiap perusahaan.

Namun, untuk menjadi seorang manager, tentu saja dibutuhkan jam terbang yang sangat tinggi di bidang ini.

Apakah hanya kedelapan pekerjaan di atas yang cocok untuk alumni Komputerisasi Akuntansi? Tentu saja tidak, teman-teman juga bisa menjadi dosen, financial evaluator dan masih banyak lagi.

Ingin Kuliah Jurusan Komputerisasi Akuntansi?

Ada kabar baik untuk teman-teman yang berada di Indonesia Timur. Kini, jurusan Komputerisasi Akuntansi ini bisa ditemui di ITB STIKOM Ambon.

Dengan total pendidikan selama enam semester, jurusan Komputerisasi Akuntansi ini memiliki mata kuliah yang terbilang padat dan sangat memenuhi kriteria jurusan ini.

Kompetensi yang dihasilkan dari lulusan jurusan Komputerisasi Akuntansi ITB STIKOM Ambon, nantinya adalah kemampuan untuk manajerial pada bidang komputerisasi akuntansi, keuangan hingga kendali sistem.

Namun, semua lulusannya juga dibentuk untuk memiliki jiwa kewirausahaan. Sehingga mampu menghadapi persaingan di dunia nyata secara matang.

Tidak hanya itu, di ITB STIKOM Ambon juga bertekad untuk mencetak lulusan yang beretika dan beragama, sehingga teman-teman nantinya juga akan mendapatkan mata kuliah keagamaan di kampus ini.

ITB STIKOM Ambon juga menjalin kerjasama dengan pihak dalam dan luar negeri. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi lulusannya dan membuat jaringan relasi yang luas.

Bagaimana? Apakah teman-teman juga tertarik untuk belajar di jurusan Komputerisasi Akuntansi? Benar, kini jurusan ini juga hadi di kampus wilayah timur Indonesia. Yuk siapkan diri untuk menjadi tenaga kerja yang berkompeten di masa mendatang!

You May Also Like

About the Author: admin