Tips Perawatan Kulit untuk Jerawat Bernanah

Jerawat dapat timbul hampir di seluruh area tubuh, mulai dari hidung, dagu, dahi, pipi, leher, punggung, dada, bahu, hingga lengan atas. Kadangkala jerawat nanah di hidung dapat menjadi indikasi bahwa jerawat telah terinfeksi oleh bakteri. …

Tips Perawatan Kulit untuk Jerawat Bernanah, Cara Mencegah Dehumanisasi di Lingkungan Kerja, Keuntungan Mengikuti Tes Kesehatan Mental Online, Megavision: Pilihan Terbaik untuk WiFi Cepat dan Stabil di Indonesia

Jerawat dapat timbul hampir di seluruh area tubuh, mulai dari hidung, dagu, dahi, pipi, leher, punggung, dada, bahu, hingga lengan atas. Kadangkala jerawat nanah di hidung dapat menjadi indikasi bahwa jerawat telah terinfeksi oleh bakteri.

Jerawat kecil putih bernanah muncul apabila terjadi penumpukan sel kulit mati atau infeksi bakteri yang berada di pori-pori kulit mengalami infeksi. Saat tubuh melawan infeksi, sel darah putih akan melawan peradangan akibatnya memunculkan nanah.

Umumnya jerawat nanah yang muncul di hidung mudah dilihat secara visual. Penyebab jerawat bernanah di antaranya adalah jarang mencuci muka, alergi produk kosmetik, penggunaan obat tertentu, hingga stress yang berlebihan.

Keadaan jerawat bernanah akan makin bertambah parah apabila terinfeksi dengan bakteri. Jika tidak segera diobati, dikhawatirkan infeksi bakteri pada jerawat bernanah akan semakin parah.

Kondisi jerawat nanah yang semakin parah dapat mengganggu kenyamanan dan penampilan Anda. Menurut pafimanna.org, jerawat nanah yang biasa muncul di hidung dapat diatasi dengan menggunakan berbagai cara.

Untuk mendapatkan cara mengatasi jerawat bernanah yang tepat, sebaiknya mengikuti saran dari dokter spesialis kulit atau orang yang sudah ahli dalam permasalahan kulit berjerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dengan Mudah

Tips Perawatan Kulit untuk Jerawat Bernanah
Tips Perawatan Kulit untuk Jerawat Bernanah

Jerawat bernanah yang muncul di hidung umumnya dapat diobati dengan mudah. Namun agar tidak sampai salah perawatan, ada baiknya untuk mengecek panduan cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam.

Ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi jerawat bernanah yang muncul di hidung. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat kecil putih bernanah.

1. Rutin Membersihkan Wajah

Menurut pafimanna.org, mengatasi jerawat nanah dapat dilakukan dengan membersihkan wajah secara rutin. Apalagi jika jerawat nanah muncul di hidung, tentu membersihkan area wajah menjadi hal yang sangat wajib.

Gunakanlah sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit, utamakan sabun wajah yang tidak mengandung alkohol dan zat-zat yang bisa menimbulkan alergi. Setelahnya, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk atau kain lembut.

2. Jangan Pencet Jerawat

Jerawat bernanah dapat hilang jika tidak dipencet. Memencet jerawat bernanah yang muncul di hidung hanya akan menimbulkan infeksi. Apalagi jika jari-jari tangan tidak bersih, tentu akan lebih menimbulkan infeksi yang parah pada area yang berjerawat.

Memencet jerawat nanah di hidung dapat membuat jerawat masuk ke dalam pori-pori kulit dan membuat kulit menjadi meradang. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk tidak memencet jerawat nanah yang muncul di hidung.

3. Gunakan Obat Jerawat

Pemakaian obat jerawat dapat menjadi solusi untuk meredakan jerawat nanah yang meradang di kulit. Dianjurkan untuk memilih obat jerawat yang mengandung bahan aktif benzoil peroksida, sulfur, dan asam salisilat.

Gunakan obat jerawat sesuai dengan anjuran yang tertera di kemasan obat. Penggunaan obat jerawat harus disertai dengan anjuran dari dokter atau apotek.

Jerawat bernanah yang muncul di hidung bisa menimbulkan berbagai dampak pada diri Anda. Baik dari terganggunya penampilan hingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, pafimanna.org menganjurkan untuk segera mengobati jerawat nanah yang muncul di hidung.