8 Cara Mencari Modal untuk Bisnis Mahasiswa

Cara Mencari Modal untuk Bisnis Mahasiswa

Dengan banyaknya bisnis online di era sekarang tentu membuat seseorang lebih giat dalam mencari modal untuk bisnis. Terlebih bagi para Mahasiswa, mereka tentunya lebih antusias dalam mencoba bisnis sampingan.

Kemunculan bisnis online juga sangat memudahkan para Mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Itulah mengapa era digital seperti sekarang ini dianggap lebih mudah dalam menghasilkan uang.

Bagaimana Cara Mahasiswa Mencari Modal untuk Bisnisnya?

Semua kalangan baik mereka yang bekerja kantoran juga tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Bagi mereka karyawan yang ingin mencoba bisnis tentunya sangat mudah mendapatkan modal, salah satunya dengan menyisihkan sebagian gajinya.

Lalu bagaimana dengan Mahasiswa yang ingin mencari modal untuk bisnisnya? Tentu caranya sangat mudah dan Anda sebagai Mahasiswa bisa memulainya dari sekarang.

Baca juga : Butuh Pinjaman Cepat? Inafina Siap Bantu Kurang dari 6 Jam Pasti Cair

Berikut Cara Mencari Modal untuk Bisnis Mahasiswa

Cara Mencari Modal untuk Bisnis Mahasiswa

1. Lebih berhemat dan menyisihkan uang jajan

Tantangan sebagai Mahasiswa yang ingin mencari modal bisnis adalah dengan hidup hemat. Masa-masa Mahasiswa memang menyenangkan karena uang jajan Anda masih ditanggung oleh orang tua. Anda bisa memanfaatkan untuk belanja atau menghematnya.

Salah satu cara Mahasiswa mendapatkan modal untuk bisnis yang akan digelutinya adalah dengan menyisihkan uang jajan dan belajar hidup hemat. Sedikit demi sedikit nantinya akan terkumpul dan bisa dijadikan modal untuk berbisnis.

2. Mencari kerja sampingan

Sebagai Mahasiswa tentunya Anda masih punya banyak waktu. Mungkin dalam sehari hanya menghabiskan waktu selama kurang lebih 3-4 jam jam kuliah. Nah..setelah jam tersebut bisa Anda manfaatkan untuk kerja sampingan.

Daripada Anda harus di kost atau tidak ada kesibukan setelah mengerjakan tugas-tugas kuliah, lebih baik memanfaatkan waktu untuk mendapatkan uang dengan kerja part-time. Hasilnya nanti bisa Anda gunakan untuk modal bisnis.

3. Mengajak teman untuk berkolaborasi

Salah satu cara yang paling mudah dalam mencari modal bisnis untuk Mahasiswa adalah dengan join bersama teman. Siapa tahu Anda dan teman Anda punya passion yang sama sehingga bisa berkolaborasi dalam mencari modal.

Berbisnis dengan teman juga memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya Anda bisa saling bertukar pikiran dan bersama-sama dalam mencari solusi agar lebih cepat mencapai tujuan yang sama.

4. Memanfaatkan hobi menjadi uang

Menghasilkan uang dari hobi? Ini juga bisa Anda coba. Di luar sana juga sudah banyak orang yang mampu menghasilkan uang dari hobi yang mereka geluti. Apalagi di zaman digital ini Anda bisa memanfaatkan media sosial.

Misalnya, kalau Anda punya hobi design, maka Anda bisa share hasil desain Anda di media sosial. Ada yang hobinya memotret dan bisa menjual hasil jepretannya di website tertentu. Intinya selalu ada peluang jika Anda mau berusaha.

5. Belajar bisnis dengan memulai menjadi dropshipper

Dengan memilih menjadi dropshipper, Anda bisa sekaligus praktek bisnis karena modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Hal ini karena Anda bisa berjualan tanpa harus membeli barang dari supplier.

Namun, melalui bisnis dropship ini, pastikan Anda benar-benar paham dengan produk yang Anda jual sehingga lebih mudah dalam meyakinkan pelanggan untuk membelinya. Menjadi dropshipper juga sering dipilih mereka para pemula yang ingin berbisnis dengan modal kecil.

6. Aktif mengikuti pelatihan seputar bisnis

Agar ilmu bisnis semakin meningkat, Anda harus aktif mengikuti pelatihan bisnis. Dengan aktif mengikuti pelatihan seputar wirausaha, Anda akan menemukan banyak insight dari para mentor yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis.

Di era seperti sekarang ini Anda bisa mengikuti pelatihan secara online sehingga lebih mudah dijangkau. Yang Anda butuhkan hanya kuota dan laptop. Atau bisa juga memanfaatkan smartphone.

7. Menjadi asisten dosen

Adakalanya Anda sebagai Mahasiswa memiliki prestasi dan ditunjuk sebagai asisten dosen. Hal tersebut bisa menjadi peluang bagi Anda sekaligus pengalaman baru yang nantinya bermanfaat di dunia kerja.

Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga tetapi juga penghasilan tambahan yang pastinya bisa Anda gunakan sebagai tambahan modal bisnis.

8. Mengajukan pendanaan ke Moka

Selain cara-cara di atas, selanjutnya Anda bisa mengajukan pendanaan ke Moka Capital. Moka merupakan sebuah aplikasi kasir terpercaya untuk toko online maupun offline Anda. Aplikasi berbasis cloud ini mampu membawa potensi bisnis Anda ke level paling tinggi.

Setiap pebisnis khususnya bagi pemula tentunya harus memikirkan bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Moka hadir membantu Anda mengelola usaha dengan aplikasi kasir toko yang mudah digunakan.

Moka Capital akan sangat membantu para Mahasiswa yang membutuhkan pinjaman modal tanpa adanya agunan. Berikut beberapa keuntungan dari pinjaman modal usaha melalui Moka Capital;

  • Pengajuan dana yang mudah dengan syarat yang sederhana. Prosesnya juga bisa dilakukan secara online
  • Lebih aman dan terpercaya karena sudah bekerja sama dengan platform layanan keuangan sehingga data-data Anda aman
  • Menyediakan berbagai pinjaman dengan jenis yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menentukan sendiri sesuai yang Anda inginkan

Sebagai Mahasiswa yang ingin mencari modal bisnis seringkali merasa kesulitan. Namun dengan adanya Moka Capital tentunya sangat membantu. Anda juga tidak perlu khawatir karena pendanaan modal dari Moka juga diawasi oleh OJK.

Itulah cara paling mudah dalam mencari modal untuk bisnis Mahasiswa. Selagi ada kesempatan dalam menjajal bisnis, Anda bisa mengumpulkan modal dari sekarang. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Irwin Andriyanto

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.